|

Langgar Qanun, 4 Orang Jalani Hukuman Cambuk

Eksekusi hukuman cambuk terhadap tiga terdakwa.[Suarakalbar/Irwan]
Aceh Tamiang (Suara Kalbar) - Tim eksekutor Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kualasimpang Melalui Dinas Syariat Islam mengeksekusi hukuman cambuk terhadap tiga terdakwa yang melanggar Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat, di halaman Gedung Islamic Center, Aceh Tamiang,  Jum'at, (19/6/2020) pagi.

Satu terdakwa berinisial Leg, pria 66 Tahun terbukti telah melanggar Pasal 16 Ayat (1) dengan Uqubat Takzir berupa eksekusi cambuk sebanyak 30 kali cambukan di depan umum dengan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara.

 Kepala seksi Pidana Umum (Kasipidum) kejaksaan Negeri Kualasimpang Aceh Tamiang, Roby Syahputra, yang sekaligus sebagai Pelaksana Uqubat Eksekusi Cambuk mengatakan bahwa sebanyak empat orang terdakwa yang menjalani eksekusi cambuk, eksekusi ini yang dijalankan sesuai dengan keputusan Mahkamah Syariah Aceh Tamiang.

“Pelaksanaan eksekusi cambuk pada tahun ini terlihat dalam kurun beberapa bulan telah ada penurunan terhadap pelanggar Qanun Aceh No.06 tahun 2014 pada pelanggaran hukum jinayat," katanya.

Roby berharap bersama, untuk kedepannya pelanggaran hukum jinayat ini khususnya di Aceh Tamiang bisa hilang, dikarenakan masyarakat sudah bisa menyadari terhadap perbuatan tersebut, karena apa yang telah diperbuat itu sangat merugikan diri sendiri dan orang lain.

"Dan kita melihat bersama, Dalam melakukan Eksekusi ini juga menjadi bukti bahwa penegakan syariat islam dibumi muda sedia ini telah dijalankan dengan sebaik mungkin sesuai aturan yang telah ditetapkan,"pungkasnya.


Penulis : Muhammad Irwan
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini