|

Kelola Keuangan Daerah Dengan Baik, Melawi Raih WTP Dari BPK RI

Bupati Melawi, Panji
Melawi (Suara Kalbar)- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia memberikan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kepada Kabupaten Melawi atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019.

Penyerahan LHP atas Laporan keuangan Pemda tahun anggaran 2019  digelar secara virtual bersama di masing masing daerah dengan BPK RI perwakilan Kalbar, Senin (29/6/2020).

"Dalam masa audit berjalan kita dihadapkan dengan masalah pandemi Covid-19 yang menimbulkan kendala dan hambatan dan beragam pada semua pihak terkait,” ujar Bupati Melawi, Panji kepada Suara Kalbar.co.id.

Menurutnya, dengan tekad dan semangat yang kuat, dirinya selaku kepala daerah berusaha maksimal untuk mencapai kualitas pelaporan keuangan daerah yang baik.

"Ini kerja keras kita semua dalam mencapai predikat WTP dari BPK RI," katanya.

Panji mengatakan atas pencapaian WTP yang diberikan BPK RI kepada Kabupaten Melawi, dirinya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan BPK dan jajaran, yang selama ini telah memberikan saran dan masukan yang baik. Sehingga melawi mampu meraih WTP di Kalbar dan ini menjadi pertama bagi melawi mendapat opini WTP.

"Ini adalah kerja keras semua pihak, sehingga Melawi dinyatakan layak mendapat opini WTP," ujarnya.

Ketua DPRD Kabupaten Melawi, Widya Hastuti mengapresiasi atas pencapaian WTP yang diberikan BPK RI kepada Kabupaten Melawi atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2019.

Widya mengatakan tidak mudah untuk mencapai predikat WTP tersebut. Diperlukan tekad, semangat dan ketulusan hati.

"Tentu ini merupakan kabar baik dan prestasi yang membanggakan bagi kita Masyarakat Kabupaten Melawi," katanya.

Dikatakan praktisi NasDem ini bahwa keberhasilan meraih predikat WTP membuktikan bahwa roda pemerintahan telah dikelola secara akuntabel.

Pemberian opini merupakan bentuk apresiasi dari BPK atas hasil pemeriksaan laporan keuangan, disamping pemberian rekomendasi lainnya. Laporan keuangan yang disusun oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah merupakan media akuntabilitas keuangan yang disajikan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

"Sekali lagi selamat dan sukses untuk Pemerintah Kabupaten Melawi dan lembaga Legislatif yang telah berjuang dengan ekstra. Mari terus kita Bangun Kabupaten Melawi dengan semangat kebersamaan," pungkasnya.

Penulis     : Dea Kusumah Wardhana
Editor       : Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini