|

Kadiv Pemasyarakatan Resmikan Pos Bapas Sintang di Rutan Sanggau

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Kalimantan Barat , Suprobowati meresmikan Pos Balai Pemasyarakatan (Bapas) Sintang dengan menerapkan protokol kesehatan di Rumah Tahanan Negara Sanggau, Rabu (10/6/2020). 
Sanggau (Suara Kalbar) -Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Suprobowati meresmikan Pos Balai Pemasyarakatan (Bapas) Sintang dengan menerapkan protokol kesehatan di Rumah Tahanan Negara Sanggau, Rabu (10/6/2020).

“Dibentuknya Pos Bapas tersebut merupakan wujud daripada Resolusi Pemasyarakatan, salah satunya Pos Pelayanan Masyarakat Peduli Pemasyarakatan guna untuk mempermudah dalam proses pengambilan Litmas (Penelitian Masyarakat), Pendamping, Pembimbingan tahap awal, Asimilasi dan Integrasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang telah memenuhi persyaratan,”ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum dan HAM Kalbar, Suprobowati.

Suprobowati dalam mengatakan  bahwa Pemasyarakatan harus Speed Up serta maksimalkan pelayanan prima terhadap masyarakat. "Tingkatkan koordinasi dengan Forkopimda serta instansi terkait guna mewujudkan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM),"katanya.

Dalam masa pandemi Covid-19 ini, pihaknya memberikan apresiasi yang sangat besar kepada Kepala Bapas Sintang dan Kepala Rutan Sanggau yang bisa merealisasikan pembangunan Pos Bapas Sintang di Rutan Sanggau.

"Sehingga peran dan tugas para  Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Bapas diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kepada seluruh WBP. Dan bisa membawa nama baik Pos Bapas Sintang,"katanya.

Dia menjelaskan, selain itu diharapkan untuk terus bersinergi meningkatkan koordinasi sesama semua petugas criminal justice system untuk dapat menyelesaikan permasalahan ABH (Anak Dengan Bantuan Hukum).

“Dimana PK sebagai ujung tombak pembimbingan WBP/klien untuk bisa lebih optimal dalam melaksanakan tugasnya,”katanya.

Menurutnya, sehingga tujuan Pemasyarakatan dapat terealisasi. Kepada para PK Pos Bapas Sintang yang ada di Rutan Sanggau untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan  dan selalu melakukan koordinasi antara PK Pos Bapas Sintang dan pegawai di Rutan Sanggau.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Sanggau, Acip Rasidi menyampaikan bahwa Pembuatan Pos Bapas Sintang di Rutan Sanggau dilaksanakan dalam bentuk swadaya dan merupakan hasil koordinasi antara Forkompinda Sanggau.

"Diharapkan dengan adanya Pos Bapas di Rutan Sanggau dapat difungsikan secara maksimal. Pembangunan Pos Bapas Sintang di Rutan Sanggau ini adalah sebagai bentuk Resolusi Pemasyarakatan poin 12 (Pos Pelayanan Masyarakat Peduli Pemasyarakatan)," katanya.

Dia mengatakan ide pembuatan Gedung Pos Bapas muncul ketika kegiatan Raker Kepala UPT Pemasyarakatan Kalimantan Barat pada Februari 2020.

Diharapkan dengan adanya Pos Bapas Sintang di Rutan Sanggau para klien yang berdomisili di Sanggau dan Sekadau tidak lagi masuk ke Rutan Sanggau.

"Karena pelayanan pembimbingan dari awal hingga akhir dilaksanakan di Pos Bapas Sintang, Sehingga tercipta pelayanan prima,"ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Lembaga Pemasyarakatan Sintang, Kepala Bapas Sintang dan Kepala Rupbasan Sanggau serta Jajaran Divisi Pemasyarakatan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat.

Penulis     : Ucok
Editor       : Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini