|

IGTKI Sanggau Gelar Virtual Meeting Kepada Sejumlah Guru PAUD

Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Mengelar meeting secara virtual.
Sanggau (Suara Kalbar)- Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Mengelar meeting secara virtual dengan aplikasi Zoom dengan tema “Sosialisasi dan Pengimbasan Dalam Jaringan Bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Pelaksanaan Belajar Dari Rumah(BDR)” yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau.

Adapun kegiatan tersebut diikuti oleh 40 peserta dan berlangsung dari tanggal 25 sampai 27 juni 2020 dengan dua narasumber Hermin Hidayati Ketua IGTKI Kabupaten Sanggau dan Suhartini Asesor BAN PAUD dan PNF Kabupaten Sanggau.

Maskun, Sekretaris Dikbud dalam sambutannya mengatakan dalam kurun waktu kurang kurang lebih 4 bulan ini kita menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini memilik dampak yang luar biasa terutama aspek pendidikan dan utama sekali di jenjan PAUD.

“Bagi Saya teknik belajar Daring hukumnya semakin rendah tingkat usia semakin sulit kita melakukannya sebaliknya semakin tinggi usianya semakin mudah, misalnya yang sudah kuliah mereka sudah biasa menggunakannya,”kata Maskun.

Dia melihat, ada beberapa tantangan dalam daring ini yang pertama,kata dia, infrastruktur berkaitan dengan masalah jaringan karena tidak semua daerah di Kabupaten Sanggau terakses sercara virtual, yang kedua kompetensi gurunya dalam memanfaatkan teknologi dan soal anak didik serta orang tuanya.

“Mungkin ini boleh jadi langkah pertama, mungkin mulai hari ini dapat membiasakan dalam mengunakan daring ini,”katanya.

Sementara itu Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kabupaten Sanggau yang juga nara sumber dalam kegiatan tersebut Hermin Hidayati  menyampaikan semenjak mewabahnya Covid-19 membuat pemerintah mengeluarkan surat edaran Mendikbud No 4 th 2020 yang menetapkan aturan belajar dari rumah (learn from home) bagi anak-anak sekolah dan bekerja dari rumah (work from home) bagi guru termasuk juga guru-guru PAUD atau TK dan Kelompok Bermain.

“Memang dari bulan maret itu sudah di jalani dengan berbagai cara sesuai dengan ide sekolah masing masing tetapi masih banyak kendala yang kita hadapi, kita tidak tau apa dan bagaimana menjalani belajar dari rumah (BDR) Sesuai dengan prosedur,”jelas Hermin Hidayati, Sabtu (27/06/2020).

 Dikatakan Hermin Hidayati, setelah dari Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (BPPAUD) Provinsi Kalimantan Barat mengikut sertakan IGTKI seluruh Kabupaten untuk mengikuti Bimtek Daring melalui ZOOM dan kami Imbaskan Kembali dengan guru guru yang lain.

“Hal ini sangat membantu guru-guru pada setiap lembaga dalam mendidik anak usia dini walaupun tidak bertemu langsung, memang kendala pasti ada tapi tetap kita cari solusinya,”ujarnya.


“Apalagi dalam penyampaian system pembelajaran di rumah, kita guru harus berkolaborasi dengan orang tua dalam memperhatikan perkembangan anak di rumah, karna yang banyak berperan lansung adalah orang tua nah guru harus tau prosedur dan langkah-langkah dalam system BDR ini,”saut Hermin.

 Atas nama IGTKI Kabupaten Sanggau,lanjut dia, mengucapkan terima kasih Kepada BP PAUD dan DIKNAS Kabupaten Sanggau telah mengikutsertakan IGTKI dalam Bimtek dan mendukung dalam pengimbasan.

“Insyaallah kami IGTKI Sanggau siap melaksanakan amanah yang di embankan kepada kami dalam pengimbasan BDR ini. Alhamdulillah guru-guru TK dan Kelompok Bermain sangat Antusias dalam mengikuti sosialisasi BDR ini,”tutup Hermin.





Penulis : Darmansyah
Editor    : Dina Wardoyo
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini