Dengan Kursi Roda, Warga Disabilitas Nyoblos Pilkades Wajok Hulu

Hendra YS
Alfa (20), warga Sungai Pandan, Desa Wajok Hulu, Kecamatan Jongkat ikut melakukan pencoblosan Pilkades Wajok Hulu. Meskipun mengalami keterbatasan gerak, penyandang disabilitas ini tetap semangat menyukseskan pesta demokrasi di tingkat desa, Kamis (11/6/2020).
Mempawah(Suara Kalbar)- Alfa (20), warga Sungai Pandan, Desa Wajok Hulu, Kecamatan Jongkat, boleh diacungi jempol. Status disabilitas yang disandang, tak membuat dirinya membuang hak suara dalam Pilkades Wajok Hulu, Kamis (11/6/2020).

Kehadiran Alfa dengan kursi roda, membuat semua perhatian para pemilih di tempat pemungutan suara (TPS) 15 Sungai Pandan, beralih kepadanya. Ia tampak diantar sang bibi. Setibanya di TPS, setelah menjalani serangkaian protokol kesehatan, petugas KPPS mengambil alih kursi roda Alfa.

Ia kemudian didorong petugas KPPS ke bilik suara untuk melaksanakan pencoblosan. Tak sampai 5 menit, seraya tersenyum lebar, Alfa menjalankan kursi rodanya dibantu petugas menuju pintu keluar.

Adityo Nugroho, Tim Teknis Lapangan E-Voting Pemerintah Kabupaten Mempawah, mengatakan, kedatangan Alfa ke TPS dengan kursi roda mendapat apresiasi banyak pihak. Bahkan para pemilih di TPS 15 berlomba untuk membantunya menuju bilik suara.

“Tapi sesuai prosedur, hanya petugas KPPS yang boleh membantu Alfa menuju bilik suara. Dan Alfa telah menggunakan hak suaranya dengan benar. Ia termasuk contoh warga negara yang baik,” ujar Adityo.

Hingga berita ini diturunkan, Pilkades Wajok Hulu masih berlangsung di 18 TPS. Ada lima calon kepala desa yang bertarung dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 11.139 orang.

Penulis    : Dian Sastra

Editor      : Hendra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini