|

Bayi PDP Toho yang Meninggal Dunia Negatif Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, Jamiril.
Mempawah (Suara Kalbar)-Hasil swab bayi berinsial YG, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal dunia di RSUD dr Rubini Mempawah pada Rabu (17/06/2020) sekitar pukul 11.00 WIB lalu telah diumumkan. Dinas Kesehatan memastikan bayi YG negatif Covid-19.

“Hasil swab bayi YG yang berusia 4,5 bulan, sudah keluar dan hasilnya negatif,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah, Jamiril, Kamis (25/06/2020).

Tak hanya itu, Jamiril mengatakan, petugas juga melakukan tracking dengan rapid test terhadap kedua orangtua dan sejumlah anggota keluarga bayi YG.

“10 orang juga telah dirapid test termasuk kedua orangtua bayi YG. Hasilnya, orangtua dan keluarga bayi YG non reaktif,” tambah Jamiril.

Dengan hasil itu, imbuh Jamiril, maka kedua orangtua bayi YG yang sebelumnya melakukan isolasi mandiri di pondok kebun karet sudah boleh pulang ke rumah dan beraktivitas seperti biasa.

Terkait isolasi mandiri orangtua bayi YG, Jamiril memastikan atas inisiatif pribadi. Sejak awal, pihaknya telah menyarankan agar orang tua YG melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun keduanya tetap berkeinginan melakukan isolasi di pondok yang terletak di kebun karet miliknya.

“Masalah isolasi di pondok yang ada di kebun karet, itu keinginan dari kedua orangtua bayi YG. Kita sangat mengapresiasi. Meski demikian, kami tetap melakukan kontrol dan pengecekan secara rutin selama proses isolasi mandiri,” tegasnya.

Jamiril lantas mengimbau masyarakat agar tidak berpandangan buruk terhadap PDP maupun keluarganya. Terlebih, jika hasil swab terhadap PDP telah diumumkan dengan hasil negatif.

“Kita harus memberikan dukungan dan motivasi agar PDP dan keluarganya tidak mengalami trauma atau merasa diasingkan. Apalagi jika hasil swab negatif, maka tidak ada yang harus dikhawatirkan,” tukasnya.



Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini