Bantuan RTLH di Kayong Utara, Citra Duani: Programkan Setiap Tahun

Editor : Eno
Drs. Citra Duani ketika menghadiri sekaligus memberikan secara simbolis bantuan bedah rumah tidak layak huni di Desa Alur Bandung Kecamatan Teluk Batang, pada Kamis (4/6/2020).
Kayong Utara (Suara Kalbar)- Program pemerintah berupa bedah Rumah Bagi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) diharapkan dapat memberikan rumah yang layak ditempati dan sehat bagi masyarakat kurang mampu.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Kayong Utara, Citra Duani ketika menghadiri sekaligus memberikan secara simbolis bantuan bedah rumah tidak layak huni di Desa Alur Bandung Kecamatan Teluk Batang, Kamis (4/6/2020).

 Citra juga mengatakan bahwa pada tahun ini Kayong Utara mendapatkan bantuan bedah rumah sebanyak 926 unit yang tersebar diseluruh kecamatan yang ada di Kayong Utara.

"Ditengah merebaknya pandemi Covid-19 ini, Pemerintah Daerah berjuang agar mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat berupa bedah rumah yang tidak layak huni untuk masyarakat Kayong Utara, dan Alhamdulillah sekarang kita mendapatkan bantuan tersebut sebanyak 926 unit yang tersebar diseluruh kecamatan, dan untuk di Desa Alur Bandung ini mendapatkan 30 unit," ucap Bupati.

 Citra menjelaskan, bedah rumah tidak layak huni di Kayong Utara ini akan mendapatkan bantuan berupa uang sebesar tujuh belas juta lima ratus ribu rupiah yang sebelumnya hanya lima belas juta rupiah saja, namun adapun penambahan dua juta lima ratus ribu tersebut untuk upah tukang sedangkan yang lima belas jutanya untuk keperluan bahan-bahan material bangunan.

Selanjutnya terkait dengan ini, Bupati Citra juga mengatakan pemerintah daerah akan memprogramkan setiap tahun bantuan bedah rumah dan akan terus mendata rumah yang layak untuk dibantu.

"Kedepan kita akan terus  memprogramkan setiap tahun program bedah rumah tidak layak huni ini, dan kita akan terus melakukan kerjasama dengan pemerintah pusat, agar bantuan ini terus meningkat, sehingga dengan demikian kita akan terus melakukan pendataan dan kita akan lihat rumah mana saja yang benar-benar tidak layak huni sehingga rumah tersebut memang layak untuk mendapatkan bantuan," kata Citra.

Dia berharap tahun depan Kayong Utara bisa mendapatkan bantuan bedah rumah dari Pemerintah Pusat lebih banyak lagi, karena masih banyak rumah-rumah warga yang perlu mendapatkan perhatian serius sehingga dengan bantuan tersebut mereka bisa menempati rumah yang layak huni dan sehat.

Pada tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Kayong Utara telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan bantuan perumahan swadaya  yang bersumber dari dana DAK, APBN, dan APBD, dengan rumah yang akan diperbaiki sebesar 926 unit.



Penulis : Wiwin
Editor    : Diko Eno
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini