|

Bangun Jalan Tani, Koramil Pinyuh Wujudkan Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru

Anggota TNI dari Koramil Sungai Pinyuh bersama masyarakat Desa SBBL dalam Karya Bhakti Percepatan Desa Mandiri.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)-Koramil 1201-02 Sungai Pinyuh berupaya mewujudkan Program Desa Menuju Langit Biru dengan membangun jalan tani sepanjang 500 meter di Desa Sungai Bakau Besar Laut (SBBL).

Menurut Danramil 1201-02 Sungai Pinyuh, Kapten CZI Joko Umbaran, Desa SBBL merupakan satu dari dua desa di Kabupaten Mempawah yang terpilih untuk Program Desa Mandiri di Kodam XII Tanjungpura.

“Khusus di Desa SBBL, kita bersama masyarakat membangun Jalan Usaha Tani di Mekar II sepanjang 500 meter dan lebar dua meter. Saat ini, progress pembangunan telah berjalan 50 persen,” ungkap Joko Umbaran.

Dikatakannya lebih lanjut, sebelum dibangun, kondisi jalan usaha tani Mekar II sangat memprihatinkan. Dulunya merupakan tumpukan tanah merah, jika hujan jalan menjadi licin sehingga tak jarang petani terpeseleset ketika hendak ke sawah.

Padahal itu satu-satunya akses para petani setempat untuk menggarap lahan pertanian seluas 50 hektar. Adanya Program Karya Bhakti TNI sebagai upaya percepatan terwujudnya Desa Mandiri Menuju Langit Biru, masyarakat SBBL ternyata memberikan dukungan penuh.

“Bahkan kepala desa beserta segenap elemen Desa SBBL turun langsung bersama aparat TNI dari Koramil Sungai Pinyuh untuk bergotong-royong mengerjakan jalan tersebut. Ini jelas sangat kami apresiasi dan sampaikan terima kasih,” imbuh Joko Umbaran.

Ia berharap, jika jalan usaha tani telah diselesaikan, dapat dijaga dan dirawat bersama-sama oleh seluruh masyarakat Desa SBBL. Ia juga menginginkan, jalan itu dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya petani, dalam menggarap lahan pertanian.

Sementara itu, Kepala Desa SBBL, H. Iwan Supardi, mengucapkan terima kasih kepada Kodam XII Tanjungpura yang telah memilih desanya sebagai salahsatu sasaran Program Desa Mandiri Menuju Langit Biru.

“Program Karya Bhakti TNI ini sangat diidam-idamkan masyarakat kami. Kini, Jalan Usaha Tani Mekar II telah hampir separuhnya dibangun rabat beton. Semoga dalam waktu dekat, dapat segera diselesaikan,” harap Iwan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1201/Mph dan Danramil 1201-02 Sungai Pinyuh beserta anggota yang telah bersama masyarakat bergotong-royong mewujudkan jalan usaha tani di Desa SBBL.



Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini