|

Aipda Aloysius Serahkan Adminduk Saliman ke Dinsos Mempawah

Bhabinkamtibmas Wajok Hulu, Aipda Aloysius menyerahkan adminduk Saliman kepada Kabid Sosial Heru Agung YA.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)-Proses pengurusan Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk Saliman, penderita gangguan jiwa di Wajok Hulu, Kecamatan Jongkat, yang viral di media sosial, sudah sampai pada tahap penyerahan berkas administrasi kependudukan (adminduk) ke Dinas Sosial Kabupaten Mempawah.

Bhabinkamtibmas Desa Wajok Hulu, Aipda Aloysius, ketika ditemui di Dinas Sosial Kabupaten Mempawah, mengatakan, dirinya mewakili Kapolsek Siantan, Iptu Tarminto, sengaja datang ke Mempawah untuk mengurus administrasi kependudukan Saliman sebagai syarat untuk memperoleh KIS.

“Di Dinas Dukcapil Kabupaten Mempawah, saya tidak kesulitan untuk mengurus kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) Pak Saliman. Petugas Dinas Dukcapil rupanya telah menunggu kedatangan saya. Karena berkas dari desa sudah lengkap, KTP dan KK bisa langsung dicetak,” ungkap pria yang akrab disapa Aloy ini.

Setelah KTP dan KK selesai, Aloy langsung ke Dinas Sosial, menemui Kepala Bidang Sosial, Heru Agung YA. Setelah menyerahkan berkas adminduk, Aloy berharap biaya pengobatan Saliman dapat ditanggung oleh pemerintah melalui program KIS.

“Kabid Sosial, Mas Heru, menyatakan akan segera memproses KIS Pak Saliman. Kita berharap, adanya KIS akan memudahkan pihak keluarga untuk melakukan pengobatan di rumahsakit jiwa,” ungkap Aloy.

Saliman yang menderita gangguan jiwa sejak beberapa tahun lalu, sudah empat kali dibawa keluarganya untuk berobat ke RSJ. Namun karena ketiadaan biaya, proses pengobatan tidak pernah tuntas.

“Sehingga Pak Saliman masih sering mengamuk dan dirantai pihak keluarga untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal tak diinginkan. Kita berharap, pengobatan Pak Saliman bisa berlanjut jika kartu KIS-nya sudah ada,” ujar Aloy.

Mewakili Kapolsek Siantan, Iptu Tarminto, dan segenap anggota Polsek Siantan, Aloysius mengucapkan terima kasih kepada Dinas Dukcapil dan Dinas Sosial Kabupaten Mempawah atas bantuan pengurusan adminduk maupun kartu KIS Saliman.



Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini