|

Untuk Pelaku Usaha di Sanggau, Ini Kebijakan Baru Pemkab tentang Pajak dan Retribusi Daerah

Ilustrasi Retribusi daerah.[Net]
Sanggau ( Suara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau membuat kebijakan khusus  di sektor pajak daerah dan retribusi guna menangkal dampak wabah virus corona atau Covid-19. Kebijakan itu berupa pengurangan atau penghapusan pajak daerah bagi pelaku usaha hotel dan restoran serta retribusi pelayanan pasar berupa sewa ruko dan lapak/kios.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sanggau Wellem Suherman mengatakan, stimulus ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah daerah kepada pelaku usaha hotel dan restoran atau rumah makan serta penyewa ruko, lapak, kios yang usahanya terdampak Covid-19.

 “Stimulus ini diberikan selama tiga bulan, 1 April hingga 30 Juni 2020,” kata wellem, Selasa (5/5/2020).

Wellem menyebut, kebijakan ini sejalan dengan Instruksi Mendagri Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah.

“Terkait ini sudah ada Keputusan Bupati Sanggau Nomor 255 Tahun 2020 tentang Pemberian Insentif/Stimulus Berupa Pengurangan/Penghapusan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah tanggal 9 April 2020,” ujarnya.

Dengan adanya kebijakan ini, Wellem menegaskan, usaha hotel, restoran/rumah makan tidak diperbolehkan untuk melakukan pemungutan pajak hotel dan pajak restoran atas layanan yang disediakan sehingga tidak ada pembeban pajak daerah dalam setiap transaksi pembayaran.

Kemudian, lanjut dia, pemberian stimulus ini tidak berlaku bagi wajib pajak dan wajib restribusi yang sudah melunasi pembayaran pajak dan retribusi pada April hingga Juni 2020 sebelum dikeluarkan Surat Edaran Bupati Sanggau Nomor: 973/1375/Bapenda-II tanggal 20 April 2020.

“Surat edaran tersebut ditujukan kepada pengusaha hotel, restoran/warung makan dan penyewa ruko/lapak/kios milik Pemkab Sanggau,” terangnya.

Dikatakannya tidak menutup kemungkinan pemberian stimulus tersebut diperpanjang dengan melihat situasi dan perkembangan pandemi Covid-19 dalam beberapa bulan ke depan.

“Juni nanti dilihat kita lagi perkembangannya,” tutupnya.


Penulis : Darmansyah Dalimunthe
Editor    : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini