|

Ular Piton Sepanjang 5 Meter Ditangkap Effendi Kobra Usai Makan Bebek Warga Mempawah

Ular piton sepanjang lima meter yang memangsa bebek warga diamankan Effendi Kobra di Mempawah
Mempawah (Suara Kalbar) - Effendi Kobra, pawang ular Mempawah yang namanya sudah mendunia, Sabtu (30/05/2020), mengamankan seekor ular piton sepanjang lima meter di Desa Pasir Palembang, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah.

Effendi Kobra yang ditemui, menjelaskan, dirinya ditelepon warga Desa Pasir Palembang, pagi tadi sekitar pukul 08.00 WIB, karena ada seekor ular besar sedang memangsa bebek di dalam kandang belakang rumah warga.

Warga mengira ular itu jenis King Kobra. Warga yang ramai berkerumun, tak seorang pun berani mendekat karena ular usai makan bebek, tak keluar dari kandang. Warga yang panik, lalu menelepon Effendi Kobra.

“Saya datang sekitar pukul 09.00 WIB, warga makin ramai berkerumun. Setelah saya lihat, ternyata bukan King Kobra, tapi seekor ular piton. Perutnya sudah mengembung karena kekenyangan makan bebek,” ujar Effendi Kobra.

Saat itu, posisi ular piton dalam keadaan diam. Tapi Effendi Kobra tetap waspada. Butuh sejam bagi dia untuk mengamankan ular itu. Aksi ular yang melawan saat hendak ditangkap, menjadi tontonan warga setempat.

Ular yang sudah ditangkap, dimasukkan Effendi Kobra dalam karung plastik. Warga Desa Pasir Panjang pun berangsur-angsur membubarkan diri.

Menurut Effendi, warga yang bebeknya dimangsa, telah mengikhlaskan ular piton untuk dibawa pulang. Namun ia mengaku belum tahu apakah ular ini akan dipelihara atau dijual, karena ular piton ini selama ini banyak peminatnya untuk dikonsumsi.

“Saya sebenarnya sudah ingin pensiun menangkap ular. Usia sudah semakin senja. Tapi saya tak bisa menolak permintaan warga untuk menangkap ular,” cetusnya lagi.

Effendi Kobra sendiri merupakan pawang ular yang sudah mendunia. Ia sudah empat kali mengikuti kompetisi tantangan hidup bersama ular di luar negeri. Yakni di Afrika, Vietnam, Maroko dan Sri Langka.

Sejumlah penghargaan tingkat dunia dan nasional telah ia raih. Namun Effendi Ular tetap rendah hati. Bahkan tak hanya ular, ia juga kerap diminta Dinas Sosial Kabupaten Mempawah untuk mengamankan dan mengurus orang gila.


Penulis: Dian Sastra
Editor  : Dina Wardoyo
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini