Tiru Youtube, Instagram Akan Mulai Gaji Kreator Video

Editor: Diko Eno
Logo aplikasi IGTV dan Instagram di sebuah ponsel pintar. [Shutterstock]
Jakarta (Suara Kalbar)- Untuk pertama kalinya Instagram akan membayar para kreator yang menyiarkan video mereka di IGTV, demikian diwartakan The Verge pekan ini. Praktik ini sebelumnya sudah dilakukan oleh Facebook Watch, Daily Motion, dan Youtube.

Mulai pekan depan iklan akan mulai tayang pada video dari 200 kreator berbahasa Inggris. Iklan-iklan itu berasal dari beberapa perusahaan seperti Ikea, Puma, dan Sephora. Iklan di IGTV akan berdurasi selama 15 detik.

COO Instagram, Justin Osofsky, mengatakan para kreator akan mendapat 55 persen dari pemasukan yang diterima. Jumlah ini sama dengan yang diberikan Facebook kepada para kreator video di Watch. Instagram berencana memperluas sistem bagi hasil ini ke seluruh dunia.

Selain dari iklan, pengguna Instagram juga akan bisa meraup untung dari menjual lencana (badges) via Instagram Live. Mulai Juni, penjualan lencana ini akan mulai diuji coba ke beberapa kreator dan bisnis.

Setelah itu, sistem penjualan lencana ini akan diterapkan juga di Amerika Serikat, Inggris, Brasil, Jerman, Prancis, Italia, Turki, Spanyol, dan Meksiko. Para penonton bisa memilih 3 jenis lencana dengan harga berbeda.

Lencana itu akan muncul di depan nama pengguna saat mereka memberikan komentar di tengah siaran streaming Instagram. Pendapatan dari penjualan lencana ini tak akan dipotong oleh Instagram atau sepenuhnya untuk kreator yang menggelar tayangan live.


Sumber     : Suara.com
Editor        : Diko Eno
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini