|

Tiga Positif, Sekadau akan Ditetapkan KLB Covid-19

Ilustrasi - Covid-19 (int) 
Sekadau (Suara Kalbar) - Terkait adanya tiga orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Sekadau, gugus tugas akan mengambil langkah untuk mengevaluasi status kabupaten Sekadau dari siaga darurat menjadi kejadian luar biasa (KLB).

"Kita juga akan melakukan tracing khususnya kepada kontak erat. Masyarakat diimbau tidak panik dan tetap waspada. Selalu patuhi protokol pencegahan Covid-19," kata Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau, Henry Alpius dalam keterangan persnya pada Senin (25/5/2020) sore.

Henry mengungkapkan pihaknya baru  mendapat laporan dari laboratorium balai besar teknik kesehatan lingkungan dan pengendalian penyakit (BBTKLPP) terkait hasil PCR atau swab terhadap enam orang orang tanpa gejala (OTG) di Kabupaten Sekadau.

"Dari enam orang tersebut, tiga diantaranya terkonfirmasi positif covid-19, sedangkan tiga lainnya negatif," ungkap Henry.

Dari tiga orang positif tersebut, dua diantaranya merupakan warga Kecamatan Belitang Hilir masing-masing laki-laki usia 21 tahun dan perempuan usia 18 tahun. Sedangkan satu orang lainnya merupakan warga Kecamatan Sekadau Hilir berusia 39 tahun berjenis kelamin laki-laki.

"Tiga orang yang terkonfirmasi positif ini akan kita isolasi secara ketat di RSUD Sekadau yang merupakan rumah sakit rujukan darurat," tutur Henry.

Sementara tiga orang yang negatif masing-masing laki-laki usia 44 tahun warha Sekadau Hilir, laki-laki 40 tahun asal Belitang Hilir yang merupakan tenaga medis dalam tabligh akbar tersebut, serta perempuan 44 tahun asal Belitang Hilir yang merupakan kontak erat pasien terkonfirmasi positif.

"Mereka ini semuanya merupakan klaster jamaah tabligh di Kuala Lumpur," terang Henry.

Saat ini pula, gugus tugas sedang menunggu hasil swab terhadap dua orang lainnya yang juga merupakan klaster tabligh akbar Kuala Lumpur.

"Mereka ini merupakan orang tanpa gejala (OTG) karena tidak ada keluhan sama sekali," jelas Henry.

Penulis: Tim Liputan
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini