|

Tiadakan Takbir Keliling, Kemenag Mempawah Imbau Shalat Ied di Rumah Saja

Kepala Kemenag Mempawah, H Mi’rad.[Ist]
Mempawah (Suara Kalbar)- Kementerian Agama (Kemenag) Mempawah menerbitkan Surat Edaran (SE) terkait imbauan pelaksanaan takbiran, Salat Idul Fitri dan silaturahmi ditengah Pandemi Covid-19.

Masyarakat diminta patuh dan mentaati anjuran tersebut dalam upaya mendukung percepatan penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Mempawah.

“Ada lima poin imbauan yang kami sampaikan terkait pelaksanaan takbiran, Salat Idul Fitri dan silaturahmi di saat pandemi Covid-19. Imbauan ini dibuat berdasarkan Surat Kanwil Kemenag Kalbar Nomor 2256/Kw.14.6/1/BA.00/05/2020 tanggal 18 Mei 2020,” ungkap Kepala Kemenag Mempawah, H Mi’rad, melalui surat edarannya, Sabtu (23/05/2020) siang.

Mi’rad menjelaskan, poin pertama berkaitan dengan mensosialisasikan dan mengimbau masyarakat agar melaksanakan SE Menag nomor 6 tahun 2020 tentang panduan ibadah ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi Covid-19 dengan tidak melaksanakan takbiran keliling dan menyelenggarakan salat Idul Fitri di rumah masing-masing.

“Serta melakukan silaturahmi dan halal bi halal melalui media sosial maupun video conference,” tuturnya.

Kedua, lanjut Kakan Kemenag, penyelenggaraan Salat Id hendaknya berpedoman pada Fatwa MUI Nomor 28 tahun 2020 tentang panduan kaifiat takbir dan Salat Idul Fitri di saat wabah pandemi Covid-19.

Ketiga, dalam mengimplementasikan kebijakan tersebut tetap melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, MUI dan Ormas Islam di Kabupaten Mempawah untuk disesuaikan dengan kondisi wilayah itu sendiri.

Keempat, imbuh Mi’rad, pelaksanaan open house Kemenag kabupaten dan kota di seluruh wilayah Kalimantan Barat ditiadakan. Dengan pertimbangan menghindari keramaian dan penanganan cepat Covid-19.

“Terakhir, hendaknya seluruh kebijakan ini dilaporkan kepada Kemenag Mempawah melalui Seksi Binmas Islam paling lambat tanggal 29 Mei,” tukasnya.



Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini