|

Pemda, Ormas dan Pengurus Masjid Rapat Penanggulangan Covid-19 di Sekadau

rapat koordinasi mengenai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Masjid Al Falah Sekadau.[Suarakalbar/Tambong]
Sekadau (Suara Kalbar) - Pemerintah daerah bersama Kepolisian, TNI, Ormas Islam dan Pengurus Masjid melakukan rapat koordinasi mengenai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Masjid Al Falah Sekadau, Jumat (8/5/2020).

Dalam kegiatan disepakati bahwa semua kegiatan yang bersifat mengumpulkan orang banyak di Masjid agar ditiadakan selama pandemi Covid-19.

Sekretaris Daerah Sekadau, Jakaria mengatakan agar masyarakat mematuhi protokol yang telah dibuat oleh Pemerintah. Sebab menurutnya kesadaran menjaga diri dan keluarga merupakan hal penting yang harus dilakukan saat ini.

"Mari kita semua mentaati protokol dan aturan yang telah kita sepakati bersama agar Covid-19 cepat berlalu di Sekadau," ujarnya.

Jakaria menambahkan saat ini Sekadau masih dalam status siaga, untuk itu masyarakat harus tetap menjaga kesehatan, tidak kumpul-kumpul, tetap jaga jarak dan menggunakan masker jika melakukan aktivitas.

Dengan adanya wabah ini, ia mengajak umat mengambil hikmah bahwa ibadah dirumah ada nilai positif yang dapat diambil yaitu bertambahnya ilmu pengetahuan agama.

"Kalau dulu kita shalat di Masjid jadi makmum, sekarang kita jadi imam bagi anak istri dengan tujuan menjaga keluarga kita tetap dirumah," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Masjid Al Muhtadin Sungai Ringin Sekadau Harundinata menyambut baik rapat yang dilaksanakan. Menurutnya dengan adanya kesepakatan terkait pelaksanaan ibadah shalat di Masjid dapat membantu ia memberikan pemahaman kepada jamaah dalam mencegah penularan virus menular.

Saat ini pihaknya mengaku telah meniadakan kegiatan shalat jumat dan shalat secara berjamaah 5 waktu dengan tujuan mematuhi anjuran pemerintah. Ia berharap Wabah ini segera berakhir agar kembali bisa memakmurkan Mashid.

"Kalau hari ini kita membuat kesepakatan semua Masjid tidak melakukan aktivitas kumpul-kumpul, saya sangat menunggu ini agar ada keseragaman aturan demi kesehatan umat kita," tutupnya.



Penulis : Tambong Sudiyono
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini