|

Pandemi Covid-19, Penumpang di Terminal Dara Itam Ngabang Menurun

Aktivitas Terminal di Ngabang.
Landak (Suara Kalbar) - Aktivitas angkutan umum di Terminal Dara Itam Ngabang terlihat sepi sejak  pandemi  Covid-19.

"Untuk keluar masuk kendaraan angkutan orang, bus dan penumpang mengalami penurunan kira-kira sekitar 50 persen seperti hari bisa dikarenakan pandemi  Covid-19," pungkas Koordinator Terminal Dara Itam Ngabang, Roni Kurniawan, Sabtu (9/5/2020).

Roni menjelaskan pada hari biasa rata-rata angkutan antar provinsi yang antri di Terminal Dara Itam dapat mencapai 17 kendaraan yang terdiri dari bus jurusan Ngabang-Pontianak maupun jurusan Ngabang-Bengkayang. Namun saat ini, bus yang antri hanya sekitar 4 hingga 5 kendaraan saja.

Aktivitas angkutan antar desa (angdes),menurut Roni, juga mengalami penurunan, ia mengatakan terjadi penurunan dari 4 kendaraan menjadi 2 kendaraan saja.

"Angdes inikan dari Darit, Meranti dan 2 dari Serimbu. Ini yang dari Darit dan Meranti tidak jalan, yang jalan hanya dari Serimbu," sahutnya.

Selama pendemi Covid-19, pihak Terminal Dara Itam Ngabang melakukan antisipasi penyebaran Covid-19 seperti sosialisasi penggunaan masker dan strerilisasi bus dengan penyemprotan disinfektan.

Roni menambahkan, telah berkerjasama dengan Dinas Kesehatan mempersiapkan tenga medis untuk melakukan pemeriksaan hematologi kepada penumpang dari luar Kabupaten Landak.

"Untuk penumpang yang datang dari luar Kabupaten Landak kami arahkan untuk memeriksakan diri sebagai ODP di terminal," katanya.

Sedangkan untuk pembatasan kendaraan dan penumpang, pihak Terminal Dara Itam Ngabang masih menunggu surat perintah dari Dinas Perhubungan Provinsi maupun Pusat.



Penulis : Fitriadi
Editor    : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini