|

Masyarakat Mempawah akan Di-Rapid Test Massal, Andreas: Kodim Dukung Penuh

Rapat Koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Dinas Kesehatan terkait rapid test massal ASN, TNI/Polri dan masyarakat Kabupaten Mempawah.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)-Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mempawah dalam waktu dekat akan menggelar rapid test massal. Sasarannya, seluruh ASN, Anggota TNI/Polri dan masyarakat.

Rapat Koordinasi Pelaksanan Rapid Test Massal tersebut berlangsung pada Kamis (28/05/2020) di Posko Gugus Tugas Mempawah. Terlihat hadir para anggota gugus tugas yang terdiri dari jajaran Forkorpimda dan kepala OPD di Kabupaten Mempawah.

Kasdim 1201/Mph, Mayor Inf Andreas, ketika ditemui suarakalbar.co.id, mengungkapkan komitmen Kodim 1201/Mph beserta seluruh jajaran untuk mendukung penuh pelaksanaan rapid test massal tersebut.

Menurutnya, rapid test merupakan upaya pemerintah daerah untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mempawah. Meski belum terjadi transmisi lokal atau penyebaran antar penduduk, rapid test menjadi salahsatu solusi untuk antisipasi dini lonjakan kasus positif Covid-19.

Pun demikian, Andreas menyarankan, sebelum dilaksanakan rapid test massal, sebaiknya gugus tugas melaksanakan sosialisasi terlebih dahulu ke masyarakat. Dengan demikian, rapid test tidak akan menimbulkan kecemasan dan ketakutan.

Ia mengkhawatirkan, jika sosialisasi tidak dilakukan, masyarakat yang cemas, tidak bersedia di rapid test. Ini jelas menjadi penghambat pelaksanaan di lapangan. Padahal masih banyak masyarakat Kabupaten Mempawah yang tidak disiplin dalam menerapkan anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Sebagai bagian dari gugus tugas, Kodim 1201/Mph sangat mendukung pelaksanaan rapid test kepada ASN Pemkab Mempawah, Anggota TNI/Polri dan masyarakat. Menurut saya, ini langkah maju dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di daerah ini,” ungkapnya.

Dan Andreas menegaskan, pada pelaksanaan sosialisasi, gugus tugas dapat memanfaatkan petugas-petugas TNI/Polri di lapangan, termasuk Satpol Mempawah, tenaga kesehatan dan aparatur kecamatan bahkan hingga ke tingkat desa.




Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini