|

Masjid di Sekadau Tetap Laksanakan Shalat Ied 1441 H

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria Umar
Sekadau  (Suara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sekadau menggelar rapat bersama para pengurus Masjid di Sekadau dengan agenda pembahasan pelaksanaan shalat Ied 1441 H, Rabu (20/5/2020).

Dalam rapat diputuskan bahwa pelaksanaan shalat Ied 1441 tetap dilaksanakan dengan ketentuan menjalankan protokol kesehatan yang dibuat oleh pemerintah.

 “Berdasarkan hasil rapat hari ini bahwa telah diputuskan untuk shalat Idul Fitri 1441 boleh dilaksanakan,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria Umar

Selain mematuhi protokol kesehatan, yang menjadi catatan adalah dalam pelaksanaannya dilaksanakan dengan singkat dan dalam pelaksanaanya tetap jaga jarak.

Selain itu disepakati bahwa pelaksanaan takbir keliling juga ditiadakan dan diganti dengan takbir didalam masjid.

"Hasil rapat kita pada hari ini, shalat Ied dapat dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. Waktunya juga dipersingkat serta petugas seperti khatib jangan mengambil dari luar," ujar Sekda.

Zakaria Umar mengadakan tujuan rapat hari ini tidak bermaksud membendung pelaksanaan ibadah, namun semata - mata untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sekadau.

Dalam kesempatan itu pula sekda meminta pihak keamanan Polisi dan TNI untuk tetap melakukan pengamanan terutama di kota Sekadau dan masjid yang ada di kecamatan.

Pengurus Masjid At Taqwa Sekadau, H. Abang mengucapkan terimakasih kepada Pemda dan pihak terkait lainnya bahwa hari ini sudah ada ketetapan tentang pelaksanaan shalat Ied untuk tetap dilaksanakan.

Berdasarkan hasil rapat ini pihaknya akan mempersiapan segala sesuatunya salah satunya menetapkan petugas pelaksanaan shalat Ied 1441 H.

Ia menambahkan, pihaknya tetap akan melaksanakan shalat Ied 1441 dengan ketentuan menjalankan protokol kesehatan.

"Kami tetap melaksanakan shalat Ied, namun tentu dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan," ujarnya.

Hadir pada rapat tersebut Sekretaris Daerah Sekadau Sekadau H. Zakaria Umar, Kapolres Sekadau yang diwakili oleh Kasat Binmas Iptu Masdar, Kakan Kemenag Sekadau H. Tengku Indra Kusuma.

Ketua MUI Sekadau KH Muhdlar, Wakil Ketua DPRD Sekadau Zainal, Kadis Kesehatan yang diwakili oleh Martinus Ridi, Pabung Kodim 1204/SGU, Mayor Arh M Agus Setiawan, Ketua PHBI Sekadau, Ketua DMI Sekadau, Pengurus Ormas Islam NU dan Muhamadiyah, Camat Sekadau Hilir dan pengurus Masjid yang ada di Sekadau.

Penulis : Tambong Sudiyono
Editor : Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini