|

Kemensos Salurkan Dana BST Bagi 13.422 Warga Miskin Mempawah

Kepala Bidang Sosial, Heru Agung YA.[Ist]
Mempawah (Suara Kalbar)- Sebanyak 13.422 orang tercatat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap awal Kemensos RI. Terhitung sejak April-Juni, para penerima akan mendapatkan kucuran bantuan sebesar Rp 600 ribu tiap bulannya.

Kepala Bidang Sosial, Heru Agung YA menjelaskan, BST tahap awal sudah dikirimkan kepada penduduk miskin yang mempunyai NIK valid dan rekening. Penerima yang memiliki rekening sebanyak 1.154 KPM.

“Dananya sudah di-top up oleh Kemensos  ke rekening penerima masing-masing,” terang Heru, Minggu (10/05/2020) siang di Mempawah.

Kemudian, kata Heru, bagi penerima BST yang tidak memiliki rekening bank maka penyalurannya melalui Kantor Pos. Untuk tahap pertama ini, penyaluran melalui Kantor Pos sebanyak 7.723 KPM.

“Kantor Pos Mempawah sedang melakukan pencetakan kartu undangan atau pemberitahuan kepada penerima. Rencananya dalam minggu ini siap untuk disalurkan,” ungkapnya.

Dia memastikan data penerima BST sebanyak 13.422 KPM telah disampaikan kepada seluruh desa di Kabupaten Mempawah. Nantinya, tiap desa akan melakukan verifikasi. Hasilnya, Dinas Sosial telah mendapatkan data 12.594 KPM yang telah di updload ke SIKSNG pada tanggal 6 Mei lalu.

“Kemensos memberikan waktu sampai besok (Senin) untuk mengirimkan perbaikan data penerima bansos yang menurut SIKSNG tidak valid. Seandainya ada KPM meninggal, pindah atau kategori mampu, maka bisa di-verval datanya dan dihentikan pembayaran bulan selanjutnya,” tuturnya.

Saat ini, imbuh Heru, pihaknya masih menunggu hasil perbaikan data yang dilakukan desa dan kelurahan di Kabupaten Mempawah. Penetapan data KPM BST ini merupakan data di luar dari program bansos lain seperti PKH, Sembako, BLT dan lainnya.

“Diharapkan proses verifikasi data dilakukan secara maksimal agar penyalurannya tepat sasaran. KPM akan mendapatkan bantuan senilai Rp 600 ribu perbulan terhitung sejak April-Juni 2020,” tutupnya.



Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini