|

Kembali Bertambah 2 PDP Covid-19 Dengan Orang Tanpa Gejala (OTG)

Humas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Singkawang, dr Barita P Ompusunggu saat memberikan keterangan pers di Telematics Control Management (TCM) Kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (7/5/2020).

Singkawang (Suara Kalbar)- Jumlah terkomfirmasi positif Covid-19 di Kota Singkawang bertambah dua orang sehingga jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 menjadi 9 orang dengan tiga sembuh dan 6 terkomfirmasi positif yang masih dirawat di RSUD dr Abdul Aziz Singkawang, Kamis (7/5/2020).

“Kami menyampaikan informasi terbaru terkait perkembangan Covid-19 di Kota Singkawang, ada penambahan dua kasus terkomformasi positif Covid-19, informasi  ini kami terima dari Kadis Kesehatan Kalbar melalui sambungan telepon,” ujar Humas Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Singkawang, dr Barita P Ompusunggu yang juga dihadiri Direktur RSUD dr Abdul Aziz Singkawang, dr Ruchanihadi, Sp.PD saat Konferensi Pers di Telematics Control Management (TCM) Kantor Wali Kota Singkawang, Rabu (7/5/2020).

Barita P Ompusunggu mengatakan dua orang yang sudah terkomformasi positif Covid-19 ini diantaranya seorang wanita berusia 37 tahun dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan berdasarkan rapid test hasilnya reaktif, dan merupakan warga Kota Singkawang.

“Dilakukan pengambilan atau pemeriksaan swab terhadap pasien tersebut pada 14 April 2020 dengan hasil terkomformasi positif Covid-19 yang hasilnya kami terima pada7 Mei 2020 ini,” jelasnya.

Sedangkan satu pasien terkomformasi positif Covid-19 yang kedua, kata Barita,  seorang wanita berusia 63 tahun dengan Orang Tanpa Gejala (OTG) dan hasil rapid test yang hasilnya non reaktif, dan dilakukan pengambilan swab pada 15 April 2020 dengan hasilnya terkomfirmasi positif Covid-19 yang hasilnya keluar pada 7 Mei 2020, dan merupakan warga Singkawang.

“Terhadap kedua terkomfirmasi positif Covid-19 tersebut akan segera dilakukan penanganan intensif di RSUD dr Abdul Aziz Singkawang,  semua yang melakukan kontak erat dengan  pasien terkomfirmasi positif tersebut akan segera dilakukan pemeriksaan rapid test dan pengambilan swab,” kata Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Singkawang ini.

Bertambahnya dua orang yang terkomfirmasi positif Covid-19, maka jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RSUD dr Abdul Aziz Singkawang menjadi 12 orang.

“Sehingga jumlah PDP sebanyak 12 orang, terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah 2 orang, yang sebelumnya 7  orang dan menjadi 9 orang. Tiga orang sembuh dan 6 orang yang masih dirawat di RSUD dr Abdul Aziz Singkawang,” katanya.

Terkait apakah pasien terkomfirmasi positif Covid-19 baru-baru ini merupakan dari transmisi lokal, Barita belum bisa memastikannya, lantaran masih melakukan pengkajian dan masih melakukan traking terkait pasien Covid-19.

Mantan Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD dr Abdul Aziz Singkawang ini mengatakan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kota Singkawang sebanyak 154 orang dan belum mengalami perubahan jumlah.

Selaku Humas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Singkawang, dia mengimbau masyarakat tidak panik dan tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19 diantaranya melakukan tiga hal kedisiplinan.

Diantara tiga hal kedisplinan itu diantaranya pertama disiplin menjaga jarak dan menghindari kerumuman,  yang kedua  tetap di rumah dan disiplin memakai masker apabila terpaksa keluar rumah serta yang ketiga tetap mencuci tangan dengan sabun.

Penulis : Tim Liputan
Editor    : Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini