|

Kapolres Mempawah Pimpin Pemakaman Ipda Karnita Pujianto

Kapolres Mempawah AKBP Tulus Sinaga meletakkan karangan bunga dan menabur bunga saat pemakaman Kapolsek Mempawah Timur, Ipda Karnita Pujianto di TPU Kelurahan Pulau Pedalaman.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)-Prosesi pemakaman Kapolsek Mempawah Timur, Ipda Karnita Pujianto, berlangsung lancar di TPU Kelurahan Pulau Pedalaman, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, Jumat (29/05/2020) pukul 13.00 WIB.

Usai dishalatkan, dilaksanakan upacara pelepasan jenazah dari pihak keluarga kepada Polres Mempawah. Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakapolres Mempawah, Kompol Jovan Reagan Sumual di halaman Masjid Jamiatul Khair, Kelurahan Pulau Pedalaman.

Setelah itu, sesuai dengan tradisi pemakaman Polri, keranda jenazah almarhum Ipda Karnita Pujianto dibawa menuju TPU Pulau Pedalaman dengan iring-iringan pasukan kepolisian yang berjarak sekitar 100 meter dari Masjid Jamiatul Khair.

Di sana, sudah menunggu Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara Pemakaman Ipda Karnita Pujianto. Terlihat hadir, Dandim 1201/Mph, Letkol Inf. Mahmuddin Abdillah dan Kepala BNN Mempawah, AKBP H. AH Daulay.

Saat jenazah dimasukkan ke liang lahat oleh para perwira di jajaran Polres Mempawah, prosesi tembakan salvo pun dilaksanakan. Isak tangis terdengar dari pihak keluarga dan teman maupun kolega. Sebab selama ini, Ipda Karnita Pujianto dikenal sebagai anggota polisi yang ramah dan memiliki banyak kawan.

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, terlihat ikut mencangkul dan menguruk tanah saat pemakaman berlangsung. Ia seraya mengatakan, dirinya dan seluruh jajaran Polres Mempawah akan melanjutkan pengabdian Ipda Karnita Pujianto kepada bangsa dan negara.

Setelah pemakaman, Tulus Sinaga kemudian meletakkan karangan bunga dan menaburkan bunga di pusara, yang dilanjutkan oleh pihak keluarga, yakni istri dan anak-anak almarhum Ipda Karnita Pujianto.

Dalam sambutan di hadapan para pelayat, Tulus Sinaga mengatakan, dirinya sangat terkejut atas kabar kepergian Ipda Karnita Pujianto. Menurut Kapolres, yang bersangkutan selama bertugas sebagai anggota Polri, punya dedikasi yang tinggi.

“Semangat kerja almarhum sangat tinggi. Jam berapa pun jika ada panggilan tugas, ia sudah berada di lapangan. Kami benar-benar merasa kehilangan. Dan kami berjanji akan melanjutkan pengabdiannya kepada bangsa dan negara,” tegas Kapolres lagi.

Mewakili seluruh jajaran Polres Mempawah, Tulus Sinaga menyampaikan rasa duka cita yang mendalam, khususnya kepada istri dan anak-anak Ipda Karnita Pujianto. Ia berharap, pihak keluarga dapat diberikan ketabahan.



Penulis: Dian Sastra
Editor  : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini