|

Jembatan Rusak dan Alami Penurunan, Dishub Mempawah Imbau Pengendara Berhati-hati

Pemasangan banner rambu peringatan kerusakan jembatan agar pengguna jalan raya berhati-hati di Desa Sungai Bakau Kecil, Kecamatan Mempawah Timur.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)-Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup beserta Satuan Lalu Lintas Polres Mempawah, mengimbau pengendara roda dua dan pengemudi roda empat agar berhati-hati saat melintasi sejumlah jembatan di jalan raya provinsi di Kawasan Kabupaten Mempawah.

“Sejumlah jembatan saat ini mengalami kerusakan dan juga penurunan. Ini sangat berbahaya bagi pengguna jalan raya. Kami imbau agar berhati-hati,” ungkap Kepala Seksi Lalu Lintas Dishub dan LH Kabupaten Mempawah, Tri Gianto, yang didampingi Kasat Lantas Polres Mempawah, AKP Dwi Dyo Prihantoro, Jumat (22/05/2020).

Salahsatu jembatan yang rusak, tambahnya, adalah di Jalan Raya Desa Sungai Bakau Kecil, persisnya di depan puskesmas. Karena itu lah, meminimalisasi kecelakaan lalu lintas, Dishub dan Satuan Lalu Lintas Polres Mempawah, memasang rambu peringatan di dekat jembatan tersebut.

Banner rambu peringatan dipasang di pinggir jalan sekitar 100 meter sebelum jembatan. Dengan membaca banner itu, diharapkan pengguna jalan raya akan berhati-hati. Dengan demikian, terhindar dari kecelakaan lalu lintas.

Tri menjelaskan, kerusakan badan jembatan di Desa Sungai Bakau Kecil itu cukup membahayakan pengendara. Terlebih bagi pengendara roda dua. Sebab terjadi penurunan badan jembatan hingga berpotensi menyebabkan pengendara hilang keseimbangan.

“Bagi pengendara yang tidak mengetahui adanya penurunan pondasi jembatan, maka ini berbahaya. Kendaraan bisa kehilangan kendali dan kesimbangan, apalagi jika berkecepatan tinggi,” ujarnya.

Karena itu, Tri memandang pentingnya keberadaan rambu peringatan agar pengendara dapat mengetahui kerusakan badan jembatan tersebut. Melalui peringatan yang dipasang di banner itu, pengendara dapat berhati-hati dan memperlambat laju kendaraannya saat melewati badan jembatan.


Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini