|

Ini Klasifikasi Besaran Zakat Fitrah yang Harus Dikeluarkan Umat Muslim di Landak

Ketua Baznas Kabupaten Landak, H Wahidin Peni.
Landak (Suara Kalbar) - Berdasarkan Surat Edaran Kemenag Kabupaten Landak, terdapat 5 klasifikasi besaran uang zakat fitrah yang harus dikeluarkan umat muslim untuk menggantikan besaran zakat fitrah berupa beras 2,5 kilogram perjiwa.

Ketua Badan Zakat Nasiaonal (Baznas) Kabupaten Landak, H Wahidin Peni membenarkan adanya Surat Edaran tersebut tentang aturan zakat fitrah pada tahun ini.

"Kemenag sudah menyampaikan surat edaran kepada kita tentang amaliah Ramadhan dan pelaksanaan ZIS (zakat fitrah, infak dan sedekah) yang ditujukan kepada seluruh kepala urusan agama kecamatan se-Kabupaten Landak dan Ketua Baznas Kabupaten Landak," ujarnya.

H Wahidin Peni menambahkan isi surat edaran tersebut mengenai 5 klasifikasi jumlah uang zakat fitrah yang disesuaikan dengan harga beras yang dikonsumsi oleh umat muslim sepanjang bulan suci Ramadhan.

Adapun rincian besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan umat muslim Kabupaten Landak perjiwa adalah sebagai berikut:

Klasifikasi pertama, dengan beras Rp 15.000 x 2,5 =  Rp 37.500.
Klasifikasi ke-2, dengan beras Rp 14.000 × 2,5 = Rp 35.000.
Klasifikasi ke-3, beras Rp 12.000 × 2,5 = Rp 30.000.
Klasifikasi ke-4, beras Rp 11.000 × 2,5 = Rp 27.500.
Klasifikasi ke-5, beras Rp 10.000 × 2,5 = Rp 25.000.

Pihak Baznas Kabupaten Landak juga telah mensosialisasikan surat edaran tentang amaliah Ramadhan dan pelaksanaan ZIS kepada setiap dinas, instansi, KUA se-Kabupaten Landak, termasuk pengurus mesjid dan surau di Kecamatan Ngabang

"Cuma mesjid dan surau ini, khusus di Kecamatan Ngabang dan sekitarnya. Sedangkan pada kecamatan lain, kita serahkan kepada KUA kecamatan masing-masing untuk melanjutkan dan menyampaikan surat edaran kapada pengurus mesjid dan surau sesuai wilayah binaan," pungkasnya.


Penulis : Fitriadi
Editor    : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini