|

Dipersingkat, Salat Idul Fitri di Sekadau Berjalan Lancar

Suasana Salat Id di salah satu surau di Kota Sekadau

Sekadau
 (Suara Kalbar) - Ribuan umat muslim di Kota Sekadau, Minggu (24/5/2020) pagi memadati masjid dan surau guna melaksanakan salat Idul Fitri 1441H.

Dengan Protokol Kesehatan pada Pandemi Covid-19, jemaah membawa  sajadah masing-masing dengan memakai masker.  Terlihat dengan khusuk melaksanakan salat Id dengan dua rakaat dilanjutkan mendengarkan khutbah.

Seperti di Surau Baiturrahman di Jalan Maulana Ibrahim atau Jalan PAM Sekadau, Salat Idul Fitri dimulai pukul 06.45 Wib hingga pukul 07.05 Wib dipersingkat dalam khotbahnya,  dengan Imam Abang Syahbandi dan Khatib Rafi'ih. 

Khatib Rafi'ih dalam khutbahnya mengajak umat Islam merenung diri di hari kemanangan ini setelah sebulan penuh melawan hawa nafsu yakni pada bulan Ramadhan.

"Selama Ramadan hingga pelaksanaan salat Id pada tahun ini semua sesuai petunjuk umara atau pemerintah yang berwenang. Karena pada pandemi Covid-19,"ujar Khatib mengawali khotbahnya.

Ia memaparkan selama Ramadan  semua umat Islam tidak keluar rumah termasuk ibadah di masjid dan surau.  Sehingga  pada saat ini salat id tidak digelar di lapangan dan masjid tapi di surau terdekat juga dilaksanakan guna mengurangi jumlah kehadiran jemaah. 

"Kita dalam mentaati pemerintah dan ulama agar kita bebas dari ancaman virus Corona.  Mudah-mudahan virus
segera hilang," ujarnya.

Khatib juga mengingatkan agar berbuat baik kepada orang tua. Karena orang tua sangat penting segalanya.

"Kita agar meminta memaaf kepada orang tua yang telah melahirkan kita semua.  Doakan bagi orang tua yang sudah meninggal dunia,"ajaknya.

Khaitib juga mengajak umat muslim untuk saling menjalin silaturahmi pada Hari Raya Idul Fitri.

"Menjalin silaturahmi kepada keluarga kita dan sesama kita dengab tetap menjaga jarak pada pandemi Covid-19,"ajaknya.

Seperti diketahui, Kabupaten Sekadau belum ada kasus terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga Zona Hijau.

Penulis: Kundori
Editor: Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini