|

Besok ASN Kembali Bekerja, Yang Bolos Dikenai Sanksi

Plt Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mempawah, R Sumanto
Mempawah (Suara Kalbar)- Sesuai Surat Perubahan SKB Tiga Menteri yang meniadakan cuti bersama lebaran, Pemerintah Kabupaten Mempawah mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar kembali bekerja pada Selasa ( 26/5/ 2020)

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mempawah, R. Sumanto, mengatakan, ASN harus menunjukkan sikap disiplin dalam menjalankan tugas usai libur Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

“Besok 26 Mei ASN mesti kembali bekerja seperti biasa untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Itu karena cuti tahunan hanya hari Senin, 25 Mei. Dengan demikian, ketentuan jam kerja ASN selama bulan suci ramadhan dinyatakan tidak berlaku lagi,” ujar R Sumanto.

Terkecuali, kata R Sumanto,  ASN yang bekerja di rumah (WFH) karena ketentuan masa pandemi Covid-19, masih tetap melaksanakan tugas di rumah masing-masing hingga 29 Mei 2020 sesuai Surat Edaran Bupati Mempawah.

Sumanto berharap, meski cuti tahunan sangat singkat, yakni hanya sehari untuk merayakan Idul Fitri, hendaknya dapat dimanfaatkan ASN Pemerintah Kabupaten Mempawah untuk bersilaturahim dengan keluarga.

“Apalagi sekarang teknologi informasi semakin canggih. Silaturahim dapat dilaksanakan secara virtual, misalnya via video call dan lain sebagainya. Jadi ASN hendaknya tidak mengeluh dengan ditiadakannya cuti bersama Idul Fitri,” jelasnya.

Ia juga menegaskan, ASN harus menjadi contoh sebagai aparatur yang disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas yang diemban. Apalagi yang berkaitan dengan percepatan penanganan Covid-19, dibutuhkan komitmen dan semangat ASN yang prima.

“Kepala OPD berkewajiban melakukan pemantauan dan pengawasan ASN di lingkungan kerja masing-masing. Bagi ASN yang kedapatan bolos kerja akan diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku, kecuali ASN yang bersangkutan sakit atau melahirkan,” katanya.

Tindakan dan sanksi dapat dilakukan secara berjenjang sesuai kewenangan yang dilimpahkan bupati selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Kabupaten Mempawah.

Penulis : Dian Sastra
Editor    : Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini