|

Apple dan Google Mulai Uji Coba Aplikasi Pelacakan Covid-19

Ilustrasi iPhone. [Pixabay]
Jakarta (Suara Kalbar) - Apple dan Google memulai pengujian aplikasi yang memperingatkan pengguna jika mereka berpotensi terinfeksi virus corona. Sebagaimana dilansir laman The Sun, Selasa (5/5/2020), kedua pihak telah merilis versi awal dari teknologi yang diusulkan untuk memperlambat penyebaran virus corona.

Dua raksasa teknologi asal California ini juga telah menyusun kerangka kerja untuk aplikasi pelacakan kontak yang mengingatkan pengguna yang berpotensi terpapar Covid-19.
Jika aplikasi ini sudah rampung, rumah sakit dan praktisi kesehatan di seluruh dunia akan bebas menggunakan teknologi tersebut untuk membantu mereka melacak penularan penyakit.
Virus corona baru dari China (2019-nCoV) berpotensi mengancam kesehatan global. (Shutterstock)
Virus corona baru dari China (2019-nCoV) berpotensi mengancam kesehatan global. (Shutterstock)
Rencananya, Apple dan Google akan merilis versi final alat yang mereka buat ini pada pertengahan Mei ini, setelah pengembang menyelesaikan pengujian.

Untuk cara kerjanya, aplikasi pelacakan kontak (tracking contact) akan secara otomatis memperingatkan pengguna jika mereka melakukan kontak dengan siapa pun yang terinfeksi virus corona.

Selanjutnya, sistem akan menggunakan data lokasi yang dikumpulkan dari jutaan telepon yang dikombinasikan dengan informasi pasien yang positif terpapar Covid-19.



Sumber : Suara.com
Editor    : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini