Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Lima Pintu Masuk Desa Antibar Dijaga Ketat

Editor : Redaksi II
Pemasangan portal di pintu masuk Desa Antibar, Mempawah Timur, mengantisipasi penyebaran Covid-19.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar) -Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Desa Antibar, Mempawah Timur, melakukan pemasangan portal di tiap batas desanya.

Tujuannya untuk mengantisipasi masuknya orang dari zona merah Covid-19 pada momentum Idul Fitri 1441 H. Ada lima lokasi pemasangan portal.

Pemasangan portal dipimpin oleh Wakil Ketua Relawan Covid-19 Desa Antibar, Bambang Irwanto beserta 14 anggota tim, didampingi Bhabinkamtibmas, Brigpol Andre F, Babinsa Serda Suparlan, serta Tim Medis Puskesmas Antibar, Nia dan Samsul.

Pemasangan portal dilakukan di Jalan Adiwijaya RT 004/RW 002, Dusun Pendidikan, kemudian di Jalan Gusti Haidir RT 001/RW 001 Dusun Makmur, selanjutnya di Jalan Gusti Haidir RT 001/RW 001 Dusun Makmur, di Jalan Bardannadi serta Jalan Pangsuma Dusun Bukit Asam.
Pemasangan portal pintu masuk Desa Antibar didampingi TNI dan Polri.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Kebijakan pembatasan wilayah itu akan berlangsung selama enam hari kedepan sejak tanggal 22-27 Mei mendatang. Kemudian, pembatasan tersebut dimulai sejak pukul 08.00-11.00 WIB, kemudian dilanjutkan pada pukul 14.00-17.00 WIB. Tiap lokasi akan dijaga oleh dua relawan dan akan dilakukan penambahan relawan serta penjagaan pada jam malam jika membludaknya pendatang yang masuk ke Desa Antibar.

“Kegiatan pembatasan wilayah ini dimaksudkan untuk mempermudah Tim Relawan Covid-19 Desa Antibar dalam melakukan pendataan dan pemantauan terhadap warga yang datang dari luar wilayah itu,” terang Kapolsek Mempawah Timur, Ipda Karnita Pujianto

Menurut Kapolsek, upaya memperketat akses keluar masuk orang di Desa Antibar itu dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19. Mengingat, pada momentum Idul Fitri 1441 H ini lingkungan masyarakat Desa Antibar menjadi salah satu tujuan kedatangan orang dari luar daerah.

Selain itu, memberikan penekanan agar masyarakat mematuhi Maklumat Kapolri Nomor: Mak/2/III/2020 Tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Maka setiap warga dari luar yang masuk ke Desa Antibar akan melewati rangkaian pengecekan dan pemeriksaan. Misalnya pengecekan suhu tubuh dengan menggunakan Thermometer Gun bantuan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah di setiap pos jaga.

"Jika suhu tubuh melebihi normal maka akan ditindaklanjuti. Kemudian juga akan dilakukan penyemprotan desinfektan pada setiap kendaraan yang keluar masuk,” tukasnya.



Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini