|

16-23 Mei, 7.723 KPM di Mempawah Terima Bantuan Sosial Covid-19

Kabid Sosial, Heru Agung YA.
Mempawah (Suara Kalbar)-Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Mempawah bisa bernafas lega. Pasalnya, Kantor Pos Mempawah memastikan akan melakukan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) Covid-19 Kemensos RI tahap I. Pencairannya dimulai sejak tanggal 16-23 Mei mendatang.

Kepala Kantor Pos Cabang Mempawah, Dedy Amrullah melalui Surat Pemberitahuan Nomor 557/Ptk/JKRK/1/0520 telah merilis jadwal dan lokasi pencairan BST Covid-19 Kemensos RI di wilayah Kabupaten Mempawah.

“Penyaluran BST tahun 2020 di Kabupaten Mempawah, data yang kami terima sebanyak 7.723 KPM dengan masing-masing menerima sebesar Rp 600 ribu per KPM per bulan, dan akan diterima selama tiga bulan sejak April-Juni,” ungkap Dedy.

Sesuai ijin Kemensos, jelas Dedy, pembayaran BST Covid-19 tahun 2020 melalui dua mekanisme. Yakni loket Kantor Pos dan Komunitas yang akan mulai disalurkan sejak tanggal 16-23 Mei 2020 sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Dalam proses pembayaran melalui loket Kantor Pos, kami memperhatikan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan, handsanitizer dan thermogun. Begitu pun dengan petugas di loket akan dilengkapi dengan faceshield, sarung tangan dan masker,” sebutnya.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Sosial, Heru Agung YA menjelaskan, pencairan BST Covid-19 tahap awal di Kabupaten Mempawah sudah dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu. Dimulai dengan pencairan untuk KPM yang memiliki buku rekening bank. Sebanyak 1.154 KPM secara otomatis mendapatkan transfer dana Rp 600 ribu dari Kemensos RI.

“BST tahap awal sudah dikirimkan kepada penduduk miskin yang mempunyai NIK valid dan rekening. Dananya sudah di top up oleh Kemensos  ke rekening penerima,” jelas Heru.

Kemudian, lanjut Heru, bagi penerima BST yang tidak memiliki rekening bank maka penyalurannya melalui Kantor Pos. Untuk tahap pertama ini, penyaluran melalui Kantor Pos sebanyak 7.723 KPM.

“Kantor Pos sudah merilis jadwal dan lokasi pencairan BST di wilayah Kabupaten Mempawah. Pencairan dimulai sejak tanggal 16-23 Mei 2020. Dan para penerima BST sudah mendapatkan undangan dari PT Pos,” tukasnya.


Penulis    : Dian Sastra
Editor      : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini