|

142 Orang Reaktif berdasarkan Rapid Test di Sanggau

Ilustrasi Covid-19.[Foto:Suara.com]
Sanggau (Suara Kalbar) -Update data covid-19 per 8 mei 2020 dikabupaten Sanggau sebanyak 142 Reaktif dari 1833 orang yang telah dilakukan rapid test.

“Dari 142 orang itu yang sudah di swab dan dikirim ke Provinsi sebanyak 43 orang dan yang akan dilakukan swab 99 orang lagi,” ungkap Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting, jumat(8/5/2020).

Ginting mengatakan Untuk Total ODP kumulatif sebanyak  4024 orang dan ODP selesai di pantau 3254 orang serta ODP sedang di pantau 770 orang.

“PDP masih di rawat 2 orang, PDP meninggal 2 orang dan Pasien terkonfirmasi  1 0rang serta pasien menunggu hasil 1 orang,”katanya.

Ditambahkannya untuk yang 142 orang reaktif tersebar di 16 Puskesmas dari 12 kecamatan di Kabupaten Sanggau.

“Puskesmas Kapuas 17, Belangin 3, Tanjung Sekayam 2, Sosok 15, Pusat Damai 11, Tayan 11, Kampung Kawat 15, Balai Sebut 15, Batang Tarang 3, Meliau 4, Harapan Makmur 2, Kedukul 18, Noyan 5, Entikong 1, Bonti 10 dan Puskesmas Kembayan 10 jadi inilah total 142 yang reaktif,"jelasnya.

Rapid test ini dilakukan kepada ODP atau tenaga kesehatan atau gugus tugas, yang rapid tes nya reaktif maka dirujuk untuk mendapatkan peleriksaan lanjutan Swab dan dibawa menggunakan mobil ambulan.

“Karena dibutuhkan dua kali pengambilan selama 2 hari maka mereka ditempakan di rumah isolasi yang ada disanggau permai untuk menginap selesai pemeriksaan dikembalikan lagi untuk isolasi mandiri dirumahnya, jika tidak memungkinkan dirumahnya maka silahkan menggunakan rumah isolasi,”ujarnya.

Pemeriksaan swab ini kerjasama antara Tim Dinas Kesehatan dengan Tim Rumah sakit Mth jaman dan tempat pemeriksaan di Gedung Baru RSUD MTh. Djaman Sanggau dan ini adalah tindak lanjut kegiatan Rapid Test terhadap ODP, tenaga kesehatan puskesmas dan Gugus Tugas kecamatan.

“Terimakash atas kerjasama banyak pihak  dalam percepatan penanganan Covid19, mari Bersatu melawan covid19 agar cepat berlalu terlebih-lebih peran serta masyarakat mengikuti anjuran pemerintah adalah kunci keberhasilan kita,”tutup Ginting.


Penulis : Darmansyah Dalimunthe
Editor    : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini