|

Satu Jam, Puluhan Pengendara Terjaring Razia Covid-19 di Sui Pinyuh

Razia Covid-19 yang dipusatkan di Jalan Raya Sungai Pinyuh.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar) - Tim Gugus Tugas Kabupaten Mempawah melakukan razia Covid-19, Senin (06/04/2020) pagi. Petugas gabungan melakukan pemeriksaan terhadap setiap pengendara yang datang dari arah Kota Pontianak maupun Singkawang. Baru satu jam, puluhan pengendara terjaring dan menjalani pemeriksaan lanjutan.

Razia Covid-19 yang dipusatkan di Jalan Raya Sungai Pinyuh (depan Puskesmas Rawat Inap Sungai Pinyuh) itu dimulai sejak pukul 10.00 WIB. Puluhan petugas gabungan dari TNI/Polri, Sat Pol PP, Petugas Dinas Kesehatan, Tim Medis Puskesmas Sungai Pinyuh, Aparat Kecamatan, Kelurahan dan lainnya mulai turun ke jalan.

Dalam razia tersebut, petugas melakukan pemeriksaan suhu tubuh pengendara. Baik pengendara roda dua maupun empat tak luput dari pengecekan suhu tubuh. Bagi pengendara yang tercatat memiliki suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius, maka dilakukan pendataan dan pemeriksaan lanjutan di Puskesmas Sungai Pinyuh.

Setelah diperiksa, pengendara dengan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius disarankan untuk menjalani perawatan atau diperbolehkan kembali ke rumah dengan catatan nantinya akan dilakukan koordinasi dengan petugas di wilayahnya masing-masing untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Mereka pun diminta untuk melakukan karantina pribadi selama 14 hari kedepan.

Selain melakukan pemeriksaan suhu tubuh, petugas juga memberikan sosialisasi kepada pengendara agar menggunakan masker saat berada di luar rumah serta disiplin mencuci tangan pakai sabun dan menerapkan sosial distancing di lingkungannya.

Dari pantauan Suara Kalbar, selama kurang lebih sejam pelaksanaan razia Covid-19 dilakukan terdapat puluhan pengendara yang terjaring petugas. Mereka pun harus melalui prosedur pemeriksaan yang telah diterapkan petugas.

“Kita sangat mengapresiasi dan mendukung langkah pemerintah daerah dengan melaksanakan razia dan pengecekan suhu tubuh. Ini merupakan langkah antisipasi yang tepat untuk memastikan wilayah Kabupaten Mempawah tetap aman dan steril dari Covid-19,” kata Khairani, Relawan Pencegahan Covid-19 Sungai Pinyuh.


Penulis  : Dian Sastra
Editor    : Dina Wardoyo
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini