|

ODP di Mempawah Bertambah, Camat Sungai Pinyuh Minta Warga Aktif Lakukan Pengawasan


 Petugas Puskesmas dan Polsek Sungai Pinyuh ketika membawa seorang pemuda ODP untuk diperiksa di RSUD Rubini Mempawah.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)- Berdasarkan update data Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kabupaten Mempawah terus bertambah. Jika sebelumnya 110 orang, kini menjadi 131 orang atau  mengalami penambahan sebanyak 21 orang.

Penambahan ODP tersebut menandakan maraknya arus kedatangan atau kepulangan warga dari luar negeri maupun antar daerah yang masuk dalam zona merah Covid-19 di Indonesia. Karena itu, masyarakat diminta pro aktif melaporkan kepada petugas juga mengetahui keberadaan warga baru di lingkungannya.

Seperti yang dilakukan warga Kecamatan Sungai Pinyuh. Kamis (03/04/2020) malam, warga melaporkan adanya salah seorang pemuda yang mengalami sakit dengan gejala mirip Covid-19. Apalagi, pemuda bersangkutan diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Kuching, Malaysia.

Hingga akhirnya, pemuda bersangkutan mendapatkan penanganan medis dan dilarikan ke RSUD dr Rubini Mempawah untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan. Dalam proses pemeriksaannya, tim medis menggunakan alat tes cepat memastikan pemuda tersebut negatif Covid-19. Namun statusnya masuk dalam kategori ODP.

“Kita sangat mengapresiasi kesadaran dan kepedulian masyarakat yang semakin aktif mengawasi dan mengontrol lingkungannya dari keberadaan orang-orang yang berpotensi terinfeksi Covid-19,” kata Camat Sungai Pinyuh, Daeng Dicky, Jumat (03/04/2020) siang.

Menurut Camat, partisipasi dan kepedulian masyarakat sangat penting dalam mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Mempawah memutus mata rantai penularan Covid-19. Tanpa kerjasama dan dukungan masyarakat, maka pengawasan di lapangan tidak berjalan maksimal.

“Pemantauan dan pengawasan petugas terbatas. Maka peran masyarakat sangat penting sekali. Mudah-mudahan situasi ini segera berlalu, sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan normal dan lancar,” harapnya.


Penulis : Dian Sastra
Editor    : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini