|

Mulai Besok, Pintu Masuk Kabupaten Mempawah Dirazia

Wakil Bupati Mempawah, Muhammad Pagi.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)- Pemerintah Kabupaten Mempawah memperketat akses keluar masuk orang di wilayahnya. Caranya dengan melakukan razia di tiap batas kota. Agar, setiap warga yang masuk dipastikan sehat dan aman dari infeksi virus Covid-19.

“Kabupaten Mempawah merupakan daerah perlintasan yang diapit dua wilayah yang saat ini sudah ada kasus positiv Covid-19 yakni Kota Pontianak dan Singkawang. Maka kita harus memperketat akses keluar masuk orang di daerah ini,” tegas Wakil Bupati Mempawah, H Muhammad Pagi, Minggu (05/04/2020) di Kantor Bupati Mempawah.

Karenanya, lanjut Wabup, petugas akan melakukan razia di setiap titik batas kota di Kabupaten Mempawah. Misalnya di Desa Wajok yang berbatasan dengan Kota Pontianak, Desa Sungai Duri yang berbatasan dengan Kabupaten Bengkayang serta Kecamatan Anjongan yang berbatasan dengan Kabupaten Landak.

“Mulai besok, petugas akan melakukan razia terhadap pengendara yang akan keluar dan masuk wilayah Kabupaten Mempawah. Di tiap lokasi batas kota akan kita tempatkan petugas yang akan memeriksa setiap pengendara baik roda dua maupun empat,” ungkapnya.

Menurut Wabup, pemeriksaan terhadap pengendara sangat penting sebagai langkah awal mendeteksi penyebaran Covid-19. Mengingat, Kabupaten Mempawah, sebagai daerah perlintasan di Kalimantan Barat sehingga sangat rentan terhadap akses keluar masuk warga dari daerah lain.

“Jika ada pengendara yang terindikasi gejala Covid-19, akan kita larang masuk ke wilayah Kabupaten Mempawah. Memperketat akses keluar masuk ini sebagai langkah penting untuk mengantisipasi penularan wabah di masyarakat,” tuturnya.

Lebih jauh, Wabup mengimbau masyarakat agar tidak panik dalam menghadapi situasinya. Melainkan, harus memproteksi diri dengan meningkatkan kewaspadaan dini. Caranya dengan mengikuti langkah dan anjuran yang telah ditetapkan pemerintah.

“Intruksi pemerintah harus ditaati dan dilaksanakan dengan disiplin. Saat ini, Kabupaten Mempawah masih berada di zona hijau, maka harus kita jaga. Jangan sampai daerah ini berubah menjadi zona kuning atau bahkan merah,” tutupnya.



Penulis : Dian Sastra
Editor    : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini