|

Masyarakat Desa Tapang Perodah, Sekadau Gelar Tolak Bala 'Berajah'

Surat Himbauan
Sekadau (Suara Kalbar) - Masyarakat di Desa Tapang Perodah Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau akan melaksanakan ritual Tolak Bala (Berajah).

Kepala Desa Tapang Perodah Cantong mengatakan, acara tersebut adalah hasil musyawarah yg dihadiri oleh tokoh masyarakat, pengurus desa, pengurus adat dan tokoh agama di desa Tapang Perodah.

"Ini adalah usaha kami masyarakat di desa tapang Perodah bersama-sama mengikuti arahan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus korona khususnya di wilayah desa tapang Perodah yg juga usaha untuk meminta kepada Tuhan / petara agar warga di Desa Tapang Perodah dijauhkan dari bala dan musibah,"ujarnya.

Berikut hasil musyawarah, diputuskan bahwa kampung -kampung / Dusun yang ada di wilayah Desa Tapang Perodah Kecamatan Sekadau Hulu akan melakukan ritual tolak bala bersamaan;

4 April 2020 : Ritual Adat Tolak Bala (Berajah) di 4 Dusun di Desa Tapang Perodah (Tapang Perodah, Tembawang Nangka, Danau Raya dan Sungai Bala)

5 sampai 7 April 2020 : Bepantang dengan ketentuan :

5 April 2020 :
Warga di 4 Dusun yg ada di Desa Tapang Perodah berpantang : tidak boleh keluar rumah, apalagi keluar kampung, apabila keluar rumah harus pakai penutup kepala (tanggui), meminjam barang atau sejenisnya (berhutang), tidak membuat keributan / di kampung, tidak mematikan yg hidup (memetik daun / dahan tanaman dan sejenisnya)

6 sampai 7 April 2020 :
Warga di 4 Dusun yg ada di Desa Tapang Perodah : diperbolehkan keluar rumah / kampung, tapi tidak boleh menginap selain dirumahnya (harus pulang dan bermalam dirumah)

Untuk masyarakat yg tidak tinggal di Desa Tapang Perodah :

5 sampai 7 April 2020 :

1. Diperbolehkan lewat di jalan yang ada di wilayah Desa Tapang Perodah, tapi tidak singgah / berkunjung kerumah warga di kampung / dusun, apabila ada keperluan agar ditunda sampai setelah tanggal 7 April 2020.

2. Pegawai Instansi (pendidikan, kesehatan) yg tinggal diluar desa tapang Perodah dibolehkan beraktifitas seperti biasa tapi tidak menginap.

3. Untuk warga Tapang Perodah yg tinggal diluar wilayah desa tapang Perodah, untuk tidak datang / pulang ke kampung pada saat ritual adat dan berpantang dilaksanakan (4 - 7 April 2020)

Agar dipatuhi dan diikuti oleh semua warga desa tapang Perodah dan juga semua masyarakat.

Penulis: Rilis
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini