|

Kontak dengan Orang Malaysia Positif Covid-19, Warga Sui Kunyit Diisolasi

Ruang Isolasi Asoka di RSUD dr Rubini Mempawah kini merawat 3 ODP.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)- Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di RSUD Dr Rubini Mempawah bertambah satu orang, Kamis (02/04/2020) pagi.

Adalah seorang warga Kecamatan Sungai Kunyit yang memiliki riwayat perjalanan dari Malaysia. Bahkan, kabarnya yang bersangkutan pernah melakukan kontak dengan warga Malaysia yang positif Covid-19.

“Memang benar, saat ini ada tambahan satu PDP yang dirawat di Ruang Asoka RSUD Dr Rubini Mempawah. PDP ini baru masuk tadi pagi dengan gejala batuk dan sakit tenggorokan,” ungkap Anggota Gugus Tugas Kabupaten Mempawah, drg Mukhtar Siagian, kepada Suara Kalbar.

Mukhtar menjelaskan, PDP warga Kecamatan Sungai Kunyit ini berjenis kelamin perempuan. Sepulangnya dari Malaysia, maka sejak tanggal 31 Maret lalu ditetapkan statusnya menjadi Orang Dalam Pengawasan (ODP).

“Petugas datang ke rumah PDP ini untuk melakukan pendataan dan pemeriksaan terkait riwaya perjalanannya dari Malaysia. Dan ternyata yang bersangkutan melakukan kontak dengan keluarga angkatnya di Malaysia yang belakangan diketahui positif Covid-19,” paparnya.

Karenanya, imbuh Mukhtar, berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap warga bersangkutan yang diketahui mengalami batuk dan sakit tenggorokan, maka dirujuk ke RSUD Dr Rubini Mempawah. Kemudian, tim dokter memutuskan untuk melakukan prosedur isolasi terhadap pasien tersebut.

“Kita lakukan prosedur pengambilan sampel lendir dan dikirim ke Jakarta. Nanti hasil uji laboratorium yang akan menentukan status infeksi terhadap PDP ini,” sebutnya.

Terkait keluarga dari pasien, Mukhtar memastikan seluruh keluarganya akan dikategorikan menjadi Orang Dalam Pengawasan (ODP). Sebab dikhawatirkan telah terjadi kontak antara pasien dengan keluarganya sehingga berpotensi terjadi penularan.

“Sementara ini, hanya keluarga pasien yang kita masukan dalam ODP. Namun, kita akan melihat perkembangan ke depan. Dan sambil menunggu hasil uji laboratorium di Jakarta,” tukasnya.

Dengan penambahan satu warga Sungai Kunyit tersebut, maka PDP yang dirawat di RSUD dr Rubini Mempawah berjumlah 3 orang. Sebelumnya, PDP warga Kecamatan Sadaniang dan Sungai Pinyuh.


Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini