|

Kebijakan Perusahaan Bayar THR Lebih Cepat Didukung Perindagnaker Mempawah

Kepala Bidang Tenaga Kerja, Dinas Perindagnaker Kabupaten Mempawah, Ya’ Helmizar.[Ist]
Mempawah (Suara Kalbar)- Kepala Bidang Tenaga Kerja, Dinas Perindagnaker Kabupaten Mempawah, Ya’ Helmizar, mendukung usulan DPRD agar perusahaan mempercepat pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR). Mengingat, THR merupakan pendapatan non upah yang wajib diberikan perusahaan kepada karyawan atau pekerjanya.

“Pada prinsipnya kita mendukung statemen yang disampaikan Ketua DPRD terkait imbauan agar perusahaan mempercepat pembayaran THR,” tegas Ya’ Helmizar, Selasa (28/04/2020) pagi di kantornya.

Ya’ Helmizar mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagaan Kerja Nomor 6 tahun 2016,  pasal 5 ayat (3) dan ayat (4) dan pasal 1 angka 2 menyebutkan, kewajiban pembayaran THR diberikan pada tujuh hari sebelum hari raya keagamaan masing-masing karyawan.

“Secara aturan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan, namun kita berharap perusahaan dapat membayarkan THR lebih cepat. Kalau bisa, dua minggu sebelum hari raya keagamaan,” harapnya.

Terkait kebijakan pembayaran THR lebih awal, menurut Ya’ Helmizar sah-sah saja. Secara aturan, kebijakan tersebut dibolehkan dan tidak melanggar aturan. Bahkan, dia menilai kebijakan seperti itu akan lebih baik untuk para karyawan dan pekerjanya.

“Apalagi saat ini masyarakat sedang dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19. Tentunya, THR sangat dibutuhkan para pekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya,” ucapnya.

Terkait THR, Ya’ Helmizar mengatakan, pihaknya akan membuka pos pengaduan berkaitan di Kantor Disperindagnaker di Jalan Raden Kusno Mempawah. Tak hanya membuka posko, pihaknya juga melakukan monitoring secara langsung di lapangan.

“Setiap tahun kami membangun posko pengaduan THR ini. Dan kami setiap tahunnya akan menyurati perusahaan berkaitan dengan pembayaran THR kepada para karyawan dan pekerjanya,” tukasnya.


Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini