|

Warga Gang Remis Baca Burda, Upaya Cegah Covid-19

Masyarakat Gang Remis di Siantan Hulu membaca Burdah sebagai upaya mencegah Covid-19, Kamis (26/3/2020)

Pontianak (Suara Kalbar)- Berbagai cara yang dilakukan masyarakat dalam mencegah wabah Covid-19, diantaranya membaca Burdah atau qasidah yang berisikan syair tentang pujian atau sholawat kepada Nabi Muhammad SAW yang dilakukan masyarakat di Gang Remis II, Siantan Hulu, Kota Pontianak, Kamis (26/3/2020).

“Bahwa pembacaan Burdah ini merupakan suatu kepercayaan wilayah setempat apabila ada suatu penyakit yang menyebar maka baca burdah,”  ujar Kordinator Acara, Parma.

Pembacaan Burdah ini, kata Parma, merupakan untuk mencegah penyakit yang menular, seperti sekarang yang terjadi Virus Corona yang semakin hari semakin menjadi.

“Maka atas keyakinan kami khususnya warga sini melakukan pembacaan Burdah mengelilingi gang-gang yang ada,” katanya

Menurut Parma, kegiatan ini merupakan inisiatif dari masyarakat dan melibatkan beberapa gang dengan jumlah peserta  sekitar ada seratus lebih yang ikut.

"Pembacaa Burdah keliling ini melibatkan beberapa gang diantaranya Gang Remis I, Gang Remis II  dan Gang Remis III serta Gang Gaspar.  Semuanya bekerjasama membaca bersama dan berdo’a bersama,”jelasnya.

Dia berharap semoga dengan membaca Burdah ini, maka penyakit Virus Corona atau lebih dikenal Covid-19, dapat segera berakhir dan masyarakat sehat semua.

Penulis : Lutfi
Editor   : Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini