|

Update Covid-19, PDP di RSUD Rubini Mempawah Bertambah

Anggota Gugus Tugas Kabupaten Mempawah, drg Mukhtar Siagian.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)- Pemerintah Kabupaten Mempawah harus meningkatkan penanganan Covid-19. Pasalnya, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah satu orang. Dengan demikian, total PDP yang dirawat di RSUD Rubini Mempawah menjadi dua orang.

Suara Kalbar mengkonfirmasi informasi tersebut kepada Anggota Gugus Tugas Kabupaten Mempawah, drg Mukhtar Siagian, Selasa (31/03/2020) siang di Mempawah. Mukhtar membenarkan adanya penambahan PDP baru di RSUD Rubini Mempawah.

“Memang benar ada penambahan satu orang PDP yang sedang dirawat di RSUD Rubini Mempawah. Pasien ini datang sendiri ke rumah sakit untuk memeriksakan kesehatannya pada tanggal 29 Maret lalu,” ungkapnya.

Mukhtar menjelaskan, PDP kedua ini merupakan warga Kecamatan Sungai Pinyuh berjenis kelamin laki-laki. Pasien memiliki riwayat perjalanan ke Kota Pontianak. Mengingat, aktivitas pekerjaan pasien sebagai sopir pengangkut ikan dari Mempawah ke Pontianak.

“Pasien ini datang ke rumah sakit dengan keluhan demam dan batuk pilek. Setelah menjalani pemeriksaan dan memperhatikan riwayat perjalanan, maka diputuskan untuk dirawat di rumah sakit dengan pengawasan ketat tim medis,” ujarnya.

Selanjutnya, timpal Mukhtar, tim medis akan mengambil sampel cairan di tenggorokan pasien untuk dikirim ke Jakarta guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memastikan status PDP tersebut.

“Prosedurnya tetap sama, kita akan mengirim sampel cairan PDP dan dikirim ke laboratorium di Jakarta. Kemudian, kita tunggu hasilnya apakah negatif atau positif. Kita berharap semua PDP di Mempawah negatif,” tuturnya.

Selain penambahan satu PDP, Mukhtar mengungkapkan, RSUD Rubini Mempawah juga sedang melakukan pemeriksaan terhadap seorang warga Mempawah Hilir yang menunjukan gelaja penyakit mirip Covid-19.

“Warga bersangkutan berprofesi sebagai sopir taksi. Namun, kita belum bisa memastikan statusnya. Sebab, masih dalam proses pemeriksaan intensif dari tim medis,” tukasnya.

Dengan penambahan data terbaru tersebut, maka PDP Covid-19 di Kabupaten Mempawah berjumlah 4 orang dengan rincian, 2 orang di rawat di Pontianak namun negatif, dan 2 orang di RSUD Rubini Mempawah. Kemudian, Orang Dalam Pengawasan (ODP) sebanyak 93 orang, sedangkan 30 orang tercatat selesai dipantau.


Penulis : Dian Sastra
Editor   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini