|

TNI- Polri Temukan Dua Titik Karhutla, Ini Lokasinya

Petugas saat memadamkan titik karhutla.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)- Petugas gabungan TNI/Polri menggelar patroli gabungan di Kecamatan Jongkat, Minggu (29/03/2020) sekitar pukul 13.30 WIB. Sasarannya, memantau lingkungan masyarakat dari ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Dalam patroli itu, petugas menemukan dua lahan yang terbakar.

Patroli gabungan dilaksanakan Polsek dan Koramil Jongkat. Dipimpin langsung Danramil Kapten Arm Buntoro Nugroho dan Kapolsek Iptu Tarminto, SH. Petugas menelusuri sejumlah lokasi yang kerap menjadi langganan titik api di wilayah itu.

Benar saja, saat rombongan patroli melintas Jalan Teluk Dalam, Dusun Telok Dalam, Desa Wajok Hulu, Kecamatan Jongkat, petugas menemukan dua lokasi lahan terbakar. Masing-masing luas lahan yang terbakar kurang lebih satu hektare. Petugas pun bergerak cepat melakukan pemadaman.

“Petugas gabungan dibantu masyarakat melakukan pemadaman api dengan menggunakan buah mesin robin. Syukurlah, api dapat dengan cepat dapat dikendalikan,” terang Kapolres, AKBP Tulus Sinaga, S.Ik.

Terhadap dua lokasi lahan terbakar itu, Kapolres mengaku pihaknya masih melakukan penyelidikan untuk menemukan pemilik lahan tersebut. Masyarakat pun diminta berperan aktif membantu mengawasi dan menjaga lingkungannya. Jika titik api kembali muncul, maka segera dipadamkan dan secepatnya menghubungi petugas setempat.

“Petugas juga berpesan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan dalam kondisi cuaca panas, baik itu dimaksudkan untuk membuka lahan pertanian, perkebunan dan lainnya. Sebab aktivitas membakar lahan beresiko tinggi menimbulkan dampak karhulta,” ujarnya.


Penulis : Dian Sastra
Editor    : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini