|

Sutarmidji Perintahkan Isolasi dan Jadikan ODP bagi Warga yang Masih 'Ngeyel' ke Luar Negeri

Gubernur Kalbar Sutarmidji
Pontianak (Suara Kalbar) - Beredarnya informasi serta video, masih ada warga Kalbar termasuk selebgram sekaligus pemilik salah satu travel di Kota Pontianak yang melakukan perjalanan ke India bersama 7 warga Kalbar lainnya pada 4 Maret hingga 10 Maret 2020 ditanggapi Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji.

Semakin merebaknya Covid-19 di Kalbar membuat orang nomor satu di Kalbar itu mengambil langkah tegas, dengan melakukan isolasi dan menjadikan setiap orang yang  pergi dan ngotot meski telah diperingatkan pemerintah namun tetap melakukan perjalanan ke luar negeri sebagai orang dalam pemantauan (ODP).

"Sudah saya perintahkan isolasi dan jadikan ODP," ungkap Gubernur Kalbar Sutarmidji, Jumat (27/03/2020).

Belum lama ini Gubernur Kalbar telah mengambil keputusan untuk menjadikan penyebaran covid-19 sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Bahkan Kementerian Kesehatan memutuskan Kota Pontianak telah berstatus Transmisi Lokal Covid-19.

"Transmisi lokal karena ada keterjangkitan suami (Pasien Positif Covid-19 nomor 01) ke isteri (Pasien 03). Tapi riwayatnya dia bersama- sama ke luar negeri, tapi balitanya negatif. kondisinya baik. Suaminya sudah ada tes pertama, hasilnya sudah negatif, akan tunggu hasil tes kedua, kalau negatif kita pulangkan," jelasnya.

Mantan Walikota Pontianak dua periode itupun juga terus mengingatkan agar setiap warga Kalbar tetap di rumah.

"Kalau tidak ada keperluan mendesak sekali, tetap di rumah. Jaga kebersihan diri, gunakan masker, cuci tangan, makan yang bergizi, dan berjemur di sinar matahari pagi 15 menit. Saya juga sudah minta Pol PP dan Polisi untuk terus lakukan razia ke tempat kerumunan seperti warung kopi. Kita bubarkan kerumunan," paparnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Harisson menambahkan dengan ditetapkannya Pontianak sebagai wilayah transmisi lokal maka semua penduduk harus ekstra hati-hati.
"Tetaplah dirumah, jangan keluar rumah, sering cuci tangan, kita tidak tau virus itu sekarang sedang nempel di permukaan benda apa yang ada disekitar kita, kita tidak tau siapa yang sekarang sudah tertular. Karena dari pengalaman terhadap pasien 03 yang sehat-sehat saja selama pemantauan ternyata dia terkonfirmasi positif," pungkas Harisson.


Penulis  : Dina Wardoyo
Editor    : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini