|

Rizal Ramli Tertawakan Wacana Darurat Sipil: Opo Toh Jokowi

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli. Foto :VIVA/Cahyo Edi
Jakarta (Suara kalbar)- Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli menanggapi wacana yang dilontarkan Presiden Jokowi soal darurat sipil. Rizal Ramli mengaku heran dengan wacana tersebut.

"Wah aneh luar biasa, opo toh Presiden @jokowi? Rakyat sedang darurat kesehatan, darurat takut ndak makan, darurat kepercayaan — kok ujuk2 mau darurat sipil? Sekedar hanya alat utk mempertahankan kekuasaan? Ampun deh," tulis Rizal Ramli disertai dengan emoticon senyum dan tertawa melalui akun Twitternya, @RamliRizal, dikutip VIVAnews, Selasa, 31 Maret 2020.

Cuitan Rizal Ramli itu lantas ditanggapi oleh Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu.

"Ayo #tolakDaruratSipil," tulis Said lewat akun Twitternya, @msaid_didu.

Presiden Joko Widodo meminta untuk mempertegas kebijakan pembatasan aktivitas sosial. Bahkan, untuk memperkuat itu harus diiringi dengan kebijakan darurat sipil.

Pembatasan aktivitas sosial, saat ini sudah masif dilakukan terutama oleh aparat keamanan. Seperti membubarkan pesta-pesta yang mengumpulkan orang banyak, hingga aktivitas nongkrong di kafe yang kerap dilakukan sejumlah muda mudi.

Sejumlah pihak menolak wacana tersebut. Salah satunya Komisioner Komnas HAM 2012-2017, Natalius Pigai.

Menurut aktivis Hak Asasi Manusia tersebut, penerapan darurat sipil sama dengan kudeta negara pada kebebasan sipil (sipil liberties). Pemerintah akan makin otoritas dan beringas kepada rakyat, dan itu akan menentang kehendak umum tentang demokrasi, HAM dan keadilan.

Sumber : VIVAnews.com
Editor : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini