|

Pulang dari Jakarta, Satu Warga Mempawah PDP Covid-19

Anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mempawah, drg Mukhtar
Mempawah (Suara Kalbar) - Satu warga Kabupaten Mempawah dikabarkan masuk dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Warga bersangkutan telah dilarikan ke RSUD Dr Rubini Mempawah untuk diisolasi dan mendapatkan penanganan medis. Kepastian status pasien masih menunggu hasil uji laboratorium Covid-19 di Jakarta.

Anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Mempawah, drg Mukhtar Siagian, membenarkan informasi itu. Dia mengungkapkan, pasien berjenis kelamin laki-laki yang berdomisili di Kecamatan Sadaniang.

“Pasien ini baru pulang dari kegiatan seminar di Jakarta. Sepulangnya dari kegiatan itu, pasien mengalami sakit demam, batu dan sesak nafas, mirip gejala Covid-19. Warga langsung melaporkan kepada petugas,” terang Mukhtar, Selasa (24/03/2020) pagi di Mempawah.

Mendapatkan laporan itu, Mukhtar memastikan petugas bergerak cepat mendatangi kediaman pasien. Setelah dilakukan pemeriksaan dan pengecekan, pasien langsung dirujuk ke RSUD Dr Rubini Mempawah untuk menjalani proses isolasi dan perawatan medis sesuai prosedur yang berlaku.

“Saat ini, pasien masih berada di ruang isolasi RSUD Dr Rubini Mempawah. Pasien belum bisa kita bawa ke rumah sakit rujukan di Pontianak atau Singkawang. Karena di sana masih belum bisa menerima,” akunya.

Terkait status infeksi terhadap pasien, Mukhtar mengatakan masih menunggu hasil pemeriksaan uji laboratorium di Jakarta. Biasanya, hasil uji laboratorium baru diketahui selama tiga hari pasca sampel dikirim.

“Hasil tes kemungkinan baru keluar besok. Jadi, kami juga masih menunggu konfirmasi dari Jakarta. Dalam penanganannya, semua kita lakukan sesuai prosedur dan mekanisme yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Terkait PDP warga Mempawah ini juga dibenarkan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji. Melalui laman media sosialnya, Bang Midji menginformasikan adanya penambahan 1 pasien positif dan 1 PDP di Kabupaten Mempawah.

“Selamat menikmati matahari pagi, jaga kesehatan dan ikuti update kasus Corona. Berita kurang menggembirakan, setelah 14 hari, istri pasien positif juga dinyatakan positif dan 1 orang PDP di Mempawah,” tulis akun medsos Bang Midji.


Penulis  : Dian
Editor    : Dina Wardoyo

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini