|

Pesta Pernikahan di Beduai Dibubarkan Polisi

Kapolsek Beduai Iptu Eeng Suwenda memberikan penjelasan kepada pemilik hajatan terkait larangan yang sifatnya mengumpulkan banyak orang di Dusun Beduai, Desa Bereng, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau, Kamis (26/3/2020)

Sanggau (Suara Kalbar) - Polisi membubarkan acara resepsi pernikahan salah satu warga di Dusun Beduai, Desa Bereng, Kecamatan Beduai, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis (26/3/2020).

Langkah itu diambil sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang dipimpin langsung Kapolsek Beduai Iptu Eeng Suwenda bersama Danramil Beduai dan Camat Beduai Sandoro Atmojo.

“Pembubaran atau penghentian acara resepsi pernikahan ini dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Beduai,” ujar Kapolsek Beduai Iptu Eeng Suwenda.

Dia menegaskan, pihaknya  melaksanakan Maklumat Kapolri Nomor: Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona Covid-19 tertanggal 19 Maret 2020.

Eeng Suwenda menjelaskan bahwa pembubaran hajatan warga ini juga didasari UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular dan UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

“Kami memberikan penjelasan kepada warga yang punya hajatan bahwa kegiatan masyarakat yang sifatnya mengumpulkan banyak orang dilarang. Untuk meyakinkan yang punya hajatan, saya membacakan Maklumat Kapolri tersebut,” katanya.

Menurutnya, setelah diberikan penjelasan dan pemahaman, pemilik hajatan bisa menerima dan meminta waktu satu jam untuk para tamu undangan memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai dengan tidak bersentuhan tangan.

“Apa yang kami lakukan ini adalah langkah kerja sama Forkopimcam dengan stakeholder yang ada wilayah Kecamatan Beduai. Tujuannya untuk membuat segala upaya kegiatan secara terpusat guna menangkal dan mencegah penyebaran Covid-19,” tegasnya.

Penulis  : Ucok
Editor    : Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini