|

Perang Melawan Covid-19, Pemuda Wajok Hilir 'Semprot' Rumah Warga

Pemuda yang tergabung dalam Swadaya Masyarakat melakukan  penyemprotan dari rumah ke rumah warga di Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah.[Suarakalbar/Diko Eno]
Mempawah (Suara Kalbar)-  Wabah virus  Covid-19 terus menyebar hampir diseluruh belahan penjuru dunia. Ajakan berdiam di rumah dan selalu mengedepankan social distancing terus digaungkan.

Berbagai upaya meredam penyebaran virus juga terus dilakukan. Salah satunya dengan upaya penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi atau tempat-tempat orang berkumpul.

Sejurus dengan itu, sejumlah warga yang tergabung dalam Swadaya Masyarakat Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat,Kabupaten Mempawah melakukan penyemprotan disenfektan.
Penyemprotan ini juga melibatkan beberapa pihak seperti Polsek Siantan, Camat Jongkat, Karang Taruna Betandan Karya, Perangkat Desa, serta masyarakat Desa Wajok Hilir.[Suarakalbar/Diko Eno]
 “Sasaran Pertama kita mulai dari tingkat RT dan RW dulu, jadi ada 7 Dusun yang akan kita lakukan penyemprotan," ungkap Pj. Kepala Desa Wajok Hilir, Iswandi , Kamis (27/03/2020).

Upaya meredam penyebaran Covid-19, lanjut dia merupakan tanggungjawab semua elemen masyarakat, bukan hanya pemerintah.

“Tentunya saya berharap kepada seluruh masyarakat agar dapat bekerja sama dan mendukung yang kita lakukan hari ini,” harap Iswandi.

Sementara itu, Camat Jongkat, Muhammad Efriza mengimbau kepada warga, khususnya pemuda untuk patuh terhadap imbauan pemerintah. Hampir semua titik kumpul didatangi untuk menyemprotkan disinfektan sambil mengimbau warga yang ada terkait penyebaran Covid-19.

" Kita himbau dengan adanya kegiatan ini masyarakat juga harus melakukan pola hidup sehat tentunya, seperti tidak keluar rumah, sesuai dengan instruksi Bupati Mempawah,"ujarnya.

Kegiatan penyemprotan ini juga melibatkan beberapa pihak seperti Polsek Siantan, Camat Jongkat, Karang Taruna Betandan Karya, Perangkat Desa, serta masyarakat Desa Wajok Hilir.


Wabah Covid-19 Memprihatinkan

Wabah Covid-19 kian memprihatinkan bagi seluruh penjuru dunia.  Virus Covid-19 kini resmi menjangkiti 188 negara dan teritori di seluruh dunia.

Dilansir dari Suara.com, jaringan suarakalbar.co.id,bahwa pasien positif virus corona Covid-19 di Indonesia kembali bertambah banyak. Sabtu (21/3/2020), tercatat 450 orang positif terinfeksi virus tersebut.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengungkapkan dalam konferensi pers via YouTube BNPB ada tambahan sebanyak 81 kasus baru dan sebanyak empat orang dinyatakan sembuh.

Angka kematian bertambah 6 orang sehingga total ada 38 orang meninggal dunia karena virus tersebut. Hingga kini, social distancing masih teus diberlakukan di Indonesia.

Sementara itu, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan per Jumat (20/3/2020) waktu setempat, tidak ada kasus virus Corona Covid-19 baru di Wuhan. Hal ini menurutnya memberikan harapan pada dunia untuk bisa mengatasi pandemi saat ini.

"Tiap nyawa yang hilang adalah tragedi, tetapi itu juga jadi motivasi untuk bekerja keras menghentikan penularan virus. Kita juga harus merayakan keberhasilan yang telah dicapai. Wuhan, kemarin, melaporkan tidak ada kasus baru sejak virus mulai mewabah (pada akhir tahun lalu, red)," kata Ghebreyesus lewat pidatonya yang disiarkan laman resmi WHO, Sabtu (21/3/2020).

"Wuhan jadi harapan bagi dunia, situasi terburuk dapat berakhir," tambah dia.


Penulis : Diko Eno
Editor   : Dina Wardoyo
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini