|

Pakai Adat Tepung Tawar, Erlina Resmikan RBM Mempawah

Peresmian Rumah Budaya Melayu (RBM) Mempawah di Jalan Raden Kusno, Kota Mempawah oleh Bupati Mempawah, Erlina.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar)- Peresmian Rumah Budaya Melayu (RBM) Mempawah di Jalan Raden Kusno, Kota Mempawah, Sabtu (14/03/2020) pagi berlangsung meriah. Disaksikan ratusan tamu undangan, peresmian ditandai dengan adat tepung tawar dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Mempawah, Hj Erlina.

Sejak pagi hari, ratusan tamu undangan telah berkumpul di lokasi peresmian RBM Mempawah tepat di depan Masjid Agung Al-Falah Mempawah. Para tamu undangan menunggu kedatangan rombongan Wakil Gubernur Kalbar, Drs. H Ria Norsan, bersama Ketua DPP MABM Kalbar, Prof Dr Chairil Effendy, Bupati Mempawah, Hj Erlina, beserta Pengurus MABM se-Kalbar.

Prosesi peresmian RBM Mempawah dimulai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Erlina, didampingi Wagub, Ketua DPP MABM Kalbar, Wakil Bupati Mempawah dan Muspida. Kemudian, dilanjutkan dengan prosesi adat tepung tawar. Mulai dari Wakil Gubernur, Ketua DPP MABM, Bupati Mempawah dan Ketua MABM Mempawah secara bergantian melaksanakan adat tepung tawar di pintu masuk RBM Mempawah. Kemudian, pintu RBM Mempawah dibuka dan tamu undangan disambut dengan tarian adat Melayu.

“Mudah-mudahan dengan diresmikannya Rumah Budaya Melayu ini, semakin meningkatkan nilai-nilai pelestarian adat budaya Melayu di masyarakat Kabupaten Mempawah,” harap Erlina.

Usai peresmian RBM Mempawah, acara dilanjutkan dengan pelantikan Pengurus MABM Kabupaten Mempawah periode 2020-2025 yang dipimpin Ketua DPP MABM Kalbar, Prof Dr Chairil Effendy dan disaksikan Wagub Kalbar, Bupati Mempawah, Wakil Bupati, Muspida dan seluruh Pengurus MABM se-Kalbar.

Penulis : Dian Sastra
Editor.   : Diko Eno
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini