|

ODP Mempawah 93, Selesai Dipantau 30 Orang

Posko Covid-19 Kabupaten Mempawah terus
 bekerja mengolah data
Mempawah (Suara Kalbar) - Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Kabupaten Mempawah terus bertambah. Dari update laman Dinas Kesehatan Pemprov Kalbar per 31 Maret pukul 08.00 WIB, jumlahnya menjadi 93 orang. Sementara itu, 30 orang tercatat selesai dipantau.

Anggota Gugus Tugas Pemkab Mempawah, drg Mukhtar Siagian mengatakan, petugas terus bekerja di lapangan untuk melakukan pengawasan dan monitoring terhadap keluar masuk orang di Kabupaten Mempawah. Agar petugas dapat mendeteksi keberadaan warga yang baru datang.

“Setiap ada laporan masuk dari Puskesmas langsung diolah di Posko Covid-19 Kabupaten Mempawah. Data ini harus selalu diupdate setiap saat,” kata Mukhtar, Selasa (31/03/2020) di Mempawah.

Mukhtar menjelaskan, penetapan seseorang masuk dalam kategori ODP berdasarkan pada beberapa kriteria. Yakni, orang yang baru datang atau pulang dari zona merah Covid-19 seperti Jakarta dan lainnya, mengalami sakit dengan gejala mirip Covid-19.

“Maka kita minta agar ODP dengan kesadaran dirinya mengkarantina diri selama 14 hari. Dan jika kondisi kesehatannya semakin mengkhawatirkan, akan kita rujuk ke rumah sakit,” ujarnya.

Untuk itu, Mukhtar mengharapkan peran aktif dan dukungan elemen masyarakat agar berpartisipasi membantu petugas dalam melakukan pengawasan dan monitoring kehadiran masyarakat di lingkungannya.

“Jika ada warga yang baru datang atau pulang dari zona merah Covid-19, secepatnya laporkan kepada petugas baik itu di Puskesmas maupun Posko Covid-19 Kabupaten Mempawah,” pungkasnya.


Penulis  : Dian
Editor    : Dina Wardoyo
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini