|

Menurun 90 Persen akibat Covid 19, Puluhan Pengusaha Rental Ajukan Penangguhan Iuran

Puluhan pengusaha penyewaan Mobil Kota Pontianak
Pontianak (Suara Kalbar) - Dampak dari merebaknya virus n-Covid 19 tidak hanya meluluhlantakkan dibidang kesehatan tetapi juga menurunkan tingkat perekonomian dibeberapa negara besar terutama di negara adidaya yang terpapar virus Corona.

Meski belum begitu besar dampak perekonomian di Indonesia setidaknya para pengusaha rental di Kalimantan Barat merasakan dampak dari menyebarnya virus Corona ini.

Betapa tidak, penurunan pemasukan hingga 90 persen dirasakan pula oleh pengusaha rental yang ada di Kota Pontianak.
Yoga, pemilik Zhafran Rental Car ini mengaku jika selama ia menjadi pengusaha  sewa mobil, belum pernah mengalami penurunan yang dahsyat seperti ini.

Dari 8unit mobil yang ia miliki, diakui ayah anak satu ini selama satu bulan minimal 25 hari mobil disewa dengan estimasi satu mobil berkisar Rp.350 ribu hingga Rp. 400rb perharinya.
"Minimal biasa mobil disewa 25 hari dan delapan mobil habis untuk para tamu. Sekarang semuanya nganggur dan sebulan tidak ada sama sekali yang menyewa," ungkapnya kepada suarakalbar.co.id, Selasa (24/3/2020).

Menurutnya penurunan pemasukan merosot hingga 90 persen ini tidak saja ia rasakan tetapi juga dirasakan hampir seluruh pengusaha mobil di Kota Pontianak.
"Samalah semua juga mengeluhkan hal yang sama dan ini baru ini kami rasakan," terangnya.

Para tamu yang menyewa mobil, diakui Yoga rata-rata adalah tamu dari luar Kota Pontianak yang terpaksa membatalkan penyewaan karena mengurungkan niatnya untuk datang ke Kalimantan Barat.
"Rata-rata yang sudah sepakat menyewa mereka yang bulan ini akan sembahyang kubur. Batal ke Singkawang karena antisipasi corona," ujarnya.


Meski tak mempermasalahkan akibat virus yang memang menjadi bencana dunia, ayah satu orang anak ini berharap dengan menurunnya hasil yang ia dan pengusaha rental mobil lainnya rasakan dapat dimaklumi oleh pihak lising.
"Dari aturan yang kami baca maka kami bisa mengajukan penangguhan iuran kelising makanya kami datangi Kantor OTO agar mereka menerima permohonan kami," harapnya.

Iapun bersama puluhan pengusaha rental mobil di Kota Pontianak mendatangi beberapa perusahaan lising mobil dengan harapan pengajuan penangguhan iuran bulanan yang mereka ajukan disetujui.
"Sudah kami ajukan dan setelah mengirim dua orang teman bertemu dengan petinggi di perusahaan lising mereka akan segera memberitahu kami keputusan secepat mungkin," kata Yoga.

Yoga berharap pihak perusahaan lising menerima pengajuan penangguhan iuran mereka akibat dampak dari virus Corona ini.
"Adanya corona inikan wabah nasional bahkan dunia sehingga penurunan pemasukan kamipun ikut berdampak. Semoga perusahaan lising menyetujui permohonan kami," pungkasnya.


Penulis  : Dina Wardoyo
Editor    : Diko Eno

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini