|

Dikira Suara Kambing, Bayi Dibuang di Area Pemakaman

Tempat Pemakaman Keluarga Haji Muhammad Noer(Daeng Cengge') Pemakaman Keluarga Besar LA-DAENG di Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah.[Suarakalbar/Dian Sastra]
Mempawah (Suara Kalbar) - Haji Aran Darajad dibuat kaget saat berziarah ke makam orangtuanya di Tempat Pemakaman Keluarga Haji Muhammad Noer (Daeng Cengge') Pemakaman Keluarga Besar LA- DAENG di Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, Jumat (20/03/2020) sekitar pukul 09.30 WIB.

Pasalnya, dia menemukan bayi laki-laki yang diduga sengaja dibuang di area pemakaman setempat.

Kapolres Mempawah, AKBP Tulus Sinaga, S.Ik, membenarkan temuan itu. Kapolres mengungkapkan, temuan bermula ketika Aran Darajad, warga Jalan Kom Yos Soedarso Pontianak, berziarah ke makam orangtuanya di Desa Wajok Hilir. Saat itu, Aran Darajad bersama ibunya sedang berziarah.

Awalnya tidak ada yang mencurigakan dari area pemakaman tersebut. Aran Darajad beserta ibunya tiba di area pemakaman sekitar pukul 09.00 WIB. Selang 30 menit kemudian, mereka pun berniat meninggalkan area pemakaman dan menuju keluar untuk pulang ke rumah.

“Mulanya kedua saksi mendengar suara tangisan bayi di area pemakaman. Namun, saat itu saksi mengira hanya suara kambing yang berkeliaran di area makam untuk mencari rumput. Apalagi ketika itu memang banyak kambing berkeliaran di area makam,” tutur Kapolres.

Namun, imbuh Kapolres, tak berselang lama saksi secara tidak sengaja melihat kaki bayi yang menjulur keluar dari dalam kotak kardus air mineral. Saat itu, kardus tersebut diletakkan di bawah papan plang nama Pemakaman Keluarga Haji Muhammad Noer.

“Saksi lantas mengecek isi kotak kardus tersebut. Dan ketika dibuka, memang benar ada bayi laki-laki dengan kondisi tali pusat masih menempel. Jadi, bayi ini kemungkinan baru dilahirkan dan langsung dibuang di area pemakaman itu,” beber Kapolres.

Kotan saja, kedua saksi pun terkejut dan bergegas melaporkan temuannya itu ke pihak RT setempat. Kemudian, RT langsung berkoordinasi dengan petugas Bhabinkamtibmas Desa Wajok Hilir untuk menindaklanjuti temuan tersebut.

“Mendapatkan laporan masyarakat, petugas Bhabinkamtibmas langsung ke TKP. Setelah dipastikan temuan itu bayi laki-laki dalam kondisi hidup, kemudian bayi dibawa ke Puskesmas Rawat Inap Jongkat untuk mendapatkan pertolongan medis,” tukas Kapolres.



Penulis  : Dian Sastra
Editor    : Dina Wardoyo

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini