|

Dewan Usul Potong Dana Aspirasi, Agar Anggaran Cegah Covid-19 Cukup

Ketua Komisi III DPRD Melawi, H Heri

Melawi (Suara Kalbar)-  Pemerintah Kabupaten Melawi  saat ini hanya menyediakan dana taktis untuk mencegah penyebaran Virus Corona   atau Covid 19 sebesar Rp 500 juta saja melalui dana APBD 2020.

"Saya pribadi siap untuk memotong aspirasinya saya untuk menambah dana pencegahan Covid 19 di Melawi. Agar bisa lebih optimal dilakukan ," ujar Ketua Komisi III DPRD Melawi, H Heri, Rabu (25/3/2020).

Menurutnya selaku Ketua Komisi III DPRD Melawi, anggaran dana taktis untuk mencegah Covid-19, masih sangat kurang dan perlu ditambah lagi. “Jika 30 anggota DPRD Melawi saja bantu partisipasi memangkas dana aspirasinya sebesar Rp 100 juta berarti sudah terkumpul Rp 3 Miliar,”  kata Legislator PKB ini.

" Tentu perlu kami bahas melalui rapat bersama dulu antara DPRD dengan pihak eksekutif,  untuk menyatukan persepsi terkait hal ini," ujarnya.

Dia menjelaskan, Selain DPRD tentu dari pihak Eksekutif juga akan berbuat hal yang sama. Dengan memangkas anggaran yang tidak penting, untuk diarahkan menambah anggaran yang tersedia saat ini dalam pencegahan Covid 9 yang dinilai sangat minim.

"Dana 500 juta yang ada sekarang, paling cukup untuk beli peralatan medis saja. Kita juga perlu mikirkan warga kita di 169 desa lainnya," katanya.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Melawi, Kusmas Hadi menyambut baik rencana dari salah seorang anggota DPRD Melawi yang siap memotong dana aspirasinya (Pokir) untuk menambah dukungan anggaran pencegahan Covid 19 di Kabupaten Melawi.

"Harapan kita tidak hanya dewan saja, baik Bupati, Wakil Bupati dan pejabat lainnyapun juga harus bekorban dan berpartisipasi," katanya.

Sebelumnya, Bupati Melawi, Panji mengatakan soal anggaran memang masih baru akan dihitung terkait kebutuhan yang diperlukan. Dana yang bisa disiapkan, baru dana tak terduga sebesar Rp 500 juta yang pencairannya harus dengan persetujuan DPRD Melawi.

Terpisah, Ketua DPRD Melawi, Widya Hastuti mengatakan rapat pembahasan terkait anggaran untuk penanggulangan Covid-19 baru akan dibahas dalam Banmus DPRD Melawi.

Ia pun belum bisa mengomentari sejumlah wacana seperti yang dilontarkan Heri Iskandar. “Setelah rapat Banmus nanti akan saya sampaikan,” jelasnya.

Penulis : Dea Kusumah Wardhana
Editor   : Hendra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini