|

BPBD Prediksi Kemarau Berlangsung Lima Bulan

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Mempawah, Didik Sudarmanto
Mempawah (Suara Kalbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mempawah memprediksikan musim kemarau akan berlangsung selama lima bulan dimulai sejak Mei-September mendatang. Mengantisipasi dampak kemarau, BPBD melakukan berbagai persiapan.

“Prakiraan dari BMKG, kita akan memasuki awal musim kemarau pada Mei nanti. Dan diperkirakan berlangsung hingga beberapa bulan ke depan sampai pada September,” ungkap Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Mempawah, Didik Sudarmanto, Selasa (31/03/2020).

Menghadapi musim kemarau, Didik menyebut, BPBD Kabupaten Mempawah telah melakukan sejumlah langkah strategis. Salah satunya dengan memberikan imbauan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lingkungannya.

“Kita juga mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengatasi karhutla. Ketika sewaktu-waktu terjadi karhutla, maka semua peralatan sudah tersedia dan siap digunakan oleh petugas,” ujarnya.

Selain itu, imbuh Didik, BPBD Kabupaten Mempawah juga menggalakkan gerakan Pengolahan Lahan Tanpa Bakar (PLTB). Dalam berbagai kesempatan, petugas memberikan edukasi kepada masyarakat agar menerapkan PLTB dengan cara membuat cuka kayu di lahannya masing-masing.

“Kami juga intensifkan kegiatan patroli di lingkungan masyarakat, terutama daerah rawan karhutla di Kabupaten Mempawah. Mudah-mudahan kasus karhutla bisa kita minimalisir sekecil mungkin,” harapnya.


Penulis : Dian
Editor   : Dina Wardoyo
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini