STKIP Pamane Talino Ngabang Beri Bimbingan UNBK Pada Siswa SMP

Hendra YS

STKIP Pamane Talino Ngabang menyelenggarakan Bimbingan UNBK se-Kabupaten Landak Tingkat SMP dalam rangka untuk mensukseskan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Landak (Suara Kalbar) – Sekolah Tinggi Keguruan llmu Pendidikan (STKIP) Pamane Talino Ngabang menyelenggarakan Bimbingan UNBK se-Kabupaten Landak Tingkat SMP dalam rangka untuk mensukseskan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang merupakan kolaborasi antara STKIP Pamane Talino dengan Pemkab Landak.

"Kami memberikan waktu kepada anak-anak untuk belajar simulasi Ujian Nasional menggunakan komputer,  melalui website tertentu yang kami kasi kepada mereka," ujar Marselus Suarta, Pelaksana Tugas Sekjen STKIP Pamane Talino, Kamis (13/2/2020).

Marselus Suarta menjelaskan kegiatan yang kedua yaitu dengan memberikan soal-soal try out, kemudian soal tersebut dibahas dan siswa juga diberikan tips dan triks dalam menjawab soal.

"Setelah mereka try out, kami bahas dan berikan tips dan trik bagaimana mengerjakan soal secara mudah dan cepat," katanya.

Dia menjelaskan terdapat 39 sekolah yang berkesempatan dilakukan pendampingan UNBK, dan masing-masing kecamatan minimal dua sekolah yang terpilih.

“Sekolah yang terpilih merupakan sekolah mandiri, yang mana sekolah tersebut menjadi indukan dalam penyelenggaraan UNBK serta memiliki fasilitas yang mendukung untuk UNBK,” katanya.

Menurutnya, di sekolah itu sudah ada internet yang lancar, baik itu dari provider atau bantuan pemerintah berupa wifi.

STKIP Pamane Talino dalam menangani bimbingan UNBK, kata Marselus Suarta, menugaskan dosen Program Study Bahasa Inggris dan Matematika.
Sedangkan untuk bimbingan mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPA menggunakan tenaga dari luar.

"Untuk keterbatasan kami dalam hal Bahasa Indonesia dan IPA, kami mengambil tenaga dari sekolah tersebut," ujarnya.

Marselus mengatakan sebelumnya, guru IPA dan Bahasa Indonesia telah mendapatkan bimbingan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak STKIP pada bulan Januari 2020. Program ini telah berjalan mulai 3 Februari 2020 lalu, dan akan berakhir pada tanggal 15 Maret 2020.

Penulis : Fitriadi
Editor   : Hendra

Advertising
Share:
Komentar

Advertising

Terkini